Kadang Suka Lupa, Apakah Tangerang Masuk Wilayah Jaksel? Begini Penjelasannya

Minggu, 02 Juni 2024 - 11:07 WIB
loading...
Kadang Suka Lupa, Apakah Tangerang Masuk Wilayah Jaksel? Begini Penjelasannya
Mendengar nama Tangerang, sebagian masyarakat tentu tidak asing lagi, terlebih warga Jakarta. Diketahui, wilayah kota penyangga Tangerang memang cukup dekat dengan Jakarta. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mendengar nama Tangerang , sebagian masyarakat tentu sudah tidak asing lagi, terlebih warga Jakarta. Sebagaimana diketahui, wilayah kota penyangga Tangerang memang cukup dekat dengan Jakarta.

Tangerang pun tak hanya digunakan untuk satu tempat saja. Ada beberapa wilayah berbeda yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).



Pada lokasinya, letak Tangerang cukup berdekatan dengan Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Lantas, apa Tangerang juga termasuk bagian dari wilayah Jakarta Selatan?

Apakah Tangerang Masuk Wilayah Jaksel?

Beberapa wilayah Tangerang memang ada yang berdekatan dengan Jakarta Selatan, misalnya Ciledug. Meski posisinya berdekatan, Tangerang bukanlah bagian dari wilayah Jakarta Selatan yang masuk Provinsi Jakarta.

Lebih jauh, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, serta Kota Tangsel semuanya masuk wilayah Provinsi Banten.

Menurut situs resmi Pemkot Tangerang, Kota Tangerang berada di bagian timur Provinsi Banten. Statusnya menjadi kota terbesar di provinsi tersebut.

Hal serupa juga berlaku untuk Kabupaten Tangerang dan Tangsel. Meski memiliki beberapa wilayah yang mungkin dekat dengan Jakarta Selatan, statusnya tetap menjadi bagian Provinsi Banten.

Bagi orang awam, wilayah-wilayah sepanjang perbatasan Provinsi Banten dan Jakarta terkadang memang terasa membingungkan. Namun, setidaknya Anda bisa sedikit tercerahkan setelah menyimak penjelasannya tadi.

Jadi, terjawab sudah bahwa wilayah Tangerang tidak termasuk Jakarta Selatan. Namun, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangsel masuk bagian Provinsi Banten.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)
pixels