Kritik Kelestarian Lingkungan, Aktivis Upacara Bendera di Situ 7 Muara Pamulang

Selasa, 18 Agustus 2020 - 02:08 WIB
loading...
Kritik Kelestarian Lingkungan, Aktivis Upacara Bendera di Situ 7 Muara Pamulang
Berbagai cara dilakukan untuk memperingati HUT ke-75 RI. Termasuk dengan melakukan kritik terhadap pencemaran lingkungan dan upacara di tengah situ. SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG SELATAN - Berbagai cara dilakukan untuk memperingati HUT ke-75 RI . Termasuk dengan melakukan kritik terhadap pencemaran lingkungan dan upacara di tengah situ.

Seperti yang dilakukan aktivis lingkungan dari OKP Ganespa. Seperti tahun-tahun yang sebelumnya, peringatan HUT RI tahun ini juga dilakukan dengan mengibarkan bendera merah putih di Situ 7 Muara, Pamulang.

Ketua Umum OKP Ganespa Dodi Haryanto mengatakan, seluruh petugas dan peserta upacara di tengah Situ 7 Muara, dilengkapi dengan alat pelindung diri berupa pelampung. (Baca juga; Pengibaran Bendera Merah Putih di Tengah Sungai Ciliwung )

"Ini merupakan ungkapan kegelisahan kami. Terutama dalam melihat kelestarian situ. Ini juga kritik kami atas kurangnya perhatian pemerintah terhadap kelestarian sumber daya air," kata Dodi, di Pamulang, Senin (17/8/2020).

Menurut dia, situ dan sungai sebagai tempat belajar, serta bermain telah tercemar. Sempadan yang seharusmya menjadi ruang terbuka hijau, juga kini telah beralih fungsi. (Baca juga; Semangat HUT ke-75 RI, Partai Golkar Apresiasi Pemenang Lomba Foto Tegar Melawan COVID-19 )

"Ini menjadi PR kita semua agar alam yang telah memberikan banyak penghidupan pada manusia bisa merdeka. Agar anak cucu kita bisa merasakan beningnya air situ dan sungai, seperti dulu lagi," ungkap Dodi.

Upacara mengapung di Situ 7 Muara dihadiri beberapa mapala, sispala, dan pemuda. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta di air dan 150 orang lainnya berada di darat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)