Libur Panjang di Tengah Pandemi Covid-19, Jalur Puncak Macet hingga 10 KM

Minggu, 16 Agustus 2020 - 16:05 WIB
loading...
Libur Panjang di Tengah Pandemi Covid-19, Jalur Puncak Macet hingga 10 KM
Ribuan kendaraan bermotor terjebak kemacetan hingga 10 Km di jalur Puncak, Bogor.Foto/SINDOnews/Haryudi
A A A
JAKARTA - Libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Hari Kemerdekaan ke-75 RI banyak dimanfaatkan warga untuk berkunjung ke tempat wisata di kawasan Puncak , Bogor, Jawa Barat. Akibatnya kemacetan hingga 10 Km pun terjadi di kawasan berhawa sejuk tersebut.

Berdasarkan pantauan, sejak kemarin Sabtu (15/08/2020) hingga pukul 15.00 Minggu (16/08/2020), arus lalu lintas di jalur Puncak, masih di dominasi kendaraan berpelat B yang dari arah Jakarta menuju Puncak. Kemacetan panjang hingga 10 Km, baik dari arah Jakarta-Puncak maupun sebaliknya, tak bisa dihindari.

Sistem one way (satu arah) yang kerap dijadikan solusi oleh jajaran Satlantas Polres Bogor juga tak efektif, arus lalu lintas terlihat mencair hanya sekitar kawasan simpang Gadog, Pasir Muncang dan Pasir Angin saja. Selebihnya di Simpang Megamendung, Cipayung Datar, Taman Safari, Taman Wisata Matahari hingga masjid At-Ta'awun malah padat, akibat banyak kendaraan yang melambung.

Bahkan, dampak dari one way yang dilakukan sejak pukul 12.00 WIB hingga saat ini pukul 15.19 WIB masih berlangsung membuat antrean penumpukan kendaraan dari jalan tol Ciawi maupun arteri Tajur (Kota Bogor)-Pasar Ciawi (Kabupaten Bogor), cukup panjang.Jalur alternatif menuju Puncak, mulai di Pandan Sari dan bendungan juga dipadati kendaraan roda empat dan roda dua.

"Ini parah banget, enggak ada petugas di Simpang Ciawi maupun Bendungan, akibatnya macet parah di semua jalur," ujar Hadi (45) warga Caringin, Kabupaten Bogor saat ditemui di kawasan SPBU Ciawi, Minggu (16/08/2020). (Baca: Kadishub DKI Klaim Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Tidak Ada Kerumunan)
Libur Panjang di Tengah Pandemi Covid-19, Jalur Puncak Macet hingga 10 KM


Hal senada diungkapkan, Lestari (39) warga Depok. Ia bersama rekannya menggunakan kendaraan roda dua dari Puncak hendak pulang terjebak kemacetan parah di kawasan Simpang Taman Safari hingga Pasar Cisarua."Diperparah lagi kawasan Megamendung dari kedua arah kendaraan nyaris enggak bergerak. Lumayan berapa jam itu kejebak macet," keluh ibu anak satu saat ditemui di rest area SPBU Ciawi.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Bogor AKP Fitra Juanda saat dikonfirmasi mengaku saat ini masih dalam proses one way, kemacetan lebih disebabkan tingkat volume kendaraan dari kedua arah padat."Iya kondisi lalin saat ini memang padat. Sekarang kita sedang proses oneway ke Jakarta saya langsung yang pimpin," kata Fitra Zuanda, Minggu (16/8/2020).

Fitra mengaku kesulitan lantaran banyak kendaraan yang melambung dan keluar masuk ke penginapan maupun tempat wisata di Megamendung. Petugas masih berupaya mendorong kendaraan terlebih dahulu dari Puncak menuju Jakarta. "Saat ini, kita masih berusaha mendorong dulu kendaraan dari Jakarta ke Puncak, setelah itu baru kita lakukan one way ke arah Jakarta," jelasnya.
Libur Panjang di Tengah Pandemi Covid-19, Jalur Puncak Macet hingga 10 KM


Fitra memprediksi puncak arus balik wisatawan di kawasan Puncak terjadi Senin (17/08/2020) besok. Mengingat volume kendaraan mengalami kenaikan cukup tinggi mencapai 30-40% dibandingkan hari kemarin. "Sesuai prediksi, kemarin puncak arus liburan dan hari ini sampai besok arus baliknya. Kendaraan roda empat dan roda dua sama-sama padat," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)