Kanwil Kemenag DKI Jakarta Laporkan Hilal Belum Terlihat

Minggu, 10 Maret 2024 - 19:04 WIB
loading...
Kanwil Kemenag DKI Jakarta Laporkan Hilal Belum Terlihat
Tim Hisab Rukyat Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DKI Jakarta belum melihat hilal dalam pemantauan hilal di Gedung Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta pada Minggu (10/3/2024). Foto/Nurul Amanah
A A A
JAKARTA - Tim Hisab Rukyat Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DKI Jakarta belum melihat hilal dalam pemantauan hilal di Gedung Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta pada Minggu (10/3/2024). Anggota Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag DKI Jakarta Syarif Hidayat mengungkap bahwa ketinggian hilal hingga berakhirnya pemantauan rukyatul hilal berada di posisi 0,9 derajat.

Adapun menurut kriteria baru MABIMS, (Menteri Agama Brunel, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Pemantuan hilal dilakukan di lantai 7 tepatnya di rooftoop Gedung Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta menggunakan Theodolite, Teleskop, kamera, dan alat-alat lainnya yang telah terpasang sejak sore tadi.

Pemantauan hilal yang dilakukan Tim Hisab Rukyat serta Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Nur Pawaidudin dan beberapa ormas Islam berlangsung selama 4 menit 47 detik. Pemantauan hilal dimulai pukul 18:07:33 WIB dan berakhir sekitar pukul 18:12:20 WIB saat azan magrib berkumandang. Seluruh anggota tim tidak ada yang menyaksikan hilal selama waktu tersebut.



"Dari pemantauan tersebut tidak ada satu pun dari tim kami yang bisa memberikan kesaksian melihat hilal dengan beberapa hal, pertama karena memang ketinggian hilal pada sore hari ini masih sangat rendah, yaitu ada pada kisaran 0,9 derajat dan ini jauh di bawah kriteria MABIMS," ujar Syarif Hidayat saat dijumpai di Gedung Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Minggu (10/3/2024).

Syarif Hidayat pun mengungkap bahwa faktor cuaca menjadi salah satu kendala pemantauan hilal sehingga hilal belum terlihat. Sejak siang tadi, cuaca Jakarta mendung hingga waktu pemantauan dimulai.

"Di samping juga faktor lain, kendala di horizon barat dari titik kami memantau dengan adanya kendala cuaca yang memang mendung juga kendala bangunan-bangunan yang lumayan tinggi dari tempat kita berada ke arah horizon barat ini. Jadi dengan demikian kesimpulan yang bisa kami tarik dari pemantauan hilal pada sore hari ini dari Kanwil Kementrian Agama DKI Jakarta tidak terlihat," pungkasnya.

Hasil pemantauan ini kemudian langsung dilaporkan kepada Kementerian Agama yang nanti akan menentukan 1 Ramadan 1445 Hijriah melalui sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Adapun selain di Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, ada tiga titik lain di DKI Jakarta yang melakukan pantauan hilal, yakni Masjid Hasim Asyari Jakarta Barat, Ponpes Hidayatullah Basmol Jakarta Barat, dan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu yang juga dilaporkan belum melihat hilal.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)