Kompolnas Apresiasi Pelayanan Arus Mudik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta

Senin, 08 April 2024 - 14:34 WIB
loading...
Kompolnas Apresiasi Pelayanan Arus Mudik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta
Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Roberto Pasaribu dan jajarannya atas inovasi dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat yang mudik Lebaran menggunakan pesawat udara melalui Bandara Soekarno-Hatta. Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menyatakan Polresta Bandara Soetta telah menyiapkan pelayanan dari kepolisian terpusat lebaran 2024, berupa 3 pospam, 3 posyan, dan 1 posko terpadu disertai dengan terobosan kreatif.

Kemudian menyiapkan Pos Ramah Ibu Anak Ramadan Presisi yakni booth di ruang tunggu boarding Terminal 1, 2, dan 3 yang dikelola oleh para Polwan khusus diperuntukkan bagi anak dan ibu. Di sini, Polresta Bandara menyediakan tempat bermain dengan sarana melukis, menyusun mainan bongkar pasang (lego), dan juga disiapkan hiburan boneka polisi sahabat anak serta snack dan makanan berbuka puasa bagi anak-anak serta ibu.

"Kami memberikan apresiasi pada Kapolres dan jajarannya dalam pelayanan dan perlindungan pada masyarakat selama arus mudik yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Senin (8/4/2024).



Selain menyediakan Pos Ramah Ibu Anak Ramadan, Polresta Bandara Soetta juga menyiapkan SPKT Booth Mobile yakni unit mobil bergerak yang bertugas sebagai Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dalam rangka meningkatkan pelayanan kepolisian yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

Lewat layanan ini masyarakat yang mengalami masalah bisa mendapatkan pelayanan kepolisian tanpa harus ke kantor polisi. Di sisi lain petugas kepolisian yang mengawali menggunakan fasilitas kendaraan akan dengan mudah berpindah lokasi pelayanan.

“Dalam layanan SPKT Booth Mobile ini masyarakat dapat membuat laporan/surat kehilangan dokumen, layanan Pengecekan kesehatan, pengaduan dan Konsultasi tindak Pidana, Pemberitahuan Masa berlaku SKCK dan Perpanjangan SKCK,” ungkapnya.

Dia menyatakan Kompolnas melihat layanan-layanan tersebut dapat memudahkan masyarakat dan memberikan rasa aman serta kenyamanan dalam mudik Lebaran 2024, serta dapat mengeratkan koordinasi dan sinergisitas dengan kementerian/lembaga terkait untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama masa arus mudik hingga balik.

“Ini patut kita apresiasi. Kompolnas berharap, meski terjadi kenaikan jumlah penumpang pesawat yang signifikan, tetapi dengan adanya pelayanan Polresta Bandara Soekarno-Hatta tersebut, para penumpang dapat merasa senang, nyaman, dan aman berada di Bandara menunggu keberangkatan menuju kampung halaman dan keamanan Bandara bisa terjaga dengan baik mulai dari berlangsungnya arus mudik hingga arus balik,” ujarnya.

Berdasarkan data penumpang yang menggunakan sarana Bandara Soekarno-Hatta, pada Jumat 5 April (H-5) dengan jumlah penumpang 179.353 orang (naik 34 % dari tahun 2023), Sabtu, 6 April 2024 (H-4) berjumlah 184.230 orang, untuk Minggu 8 April 2024 (H-3) berjumlah 169.661 orang, atau selama H-5 hingga H-3 total jumlah penumpang sebesar 533.244 orang, atau telah terjadi peningkatan dari tahun 2023 sebesar 8.5%.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)