Hasil Olah TKP Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor, Per Tak Orisinil hingga Overload

Kamis, 25 Januari 2024 - 18:11 WIB
loading...
Hasil Olah TKP Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor, Per Tak Orisinil hingga Overload
Kanit Gakkum Satlantas Polres Bogor Iptu Angga Nugraha memberikan keterangan terkait olah TKP kecelakaan beruntun di Puncak, Kabupaten Bogor, Kamis (25/1/2024). Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Polisi menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan beruntun di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor. Didapati beberapa temuan terkait kecelakaan yang melukai 17 orang tersebut.

"Pelaksanaan kegiatan olah TKP laka lantas oleh tim RTAA didampingi Dishub, ATPM (Agen Tunggal Pemegeng Merek), serta Unit Gakkum Satlantas Polres Bogor dengan menggunakan alat leica untuk menghasilkan gambar simulasi terjadinya laka lantas," ujar Kanit Gakkum Satlantas Polres Bogor Iptu Angga Nugraha, Kamis (25/1/2024).



Berdasarkan keterangan ahli atau ATPM, dilihat dari fakta kendaraan kondisi perseneling netral dan kampas rem sudah dicek dalam kondisi bagus. Lalu, sistem kemudi rusak karena benturan juga ada kemungkinan terus menggunakan rem kaki tidak menggunakan exhaust brake.

"Kondisi rem tangan tali putus akibat penarikan paksa. Tidak ada upaya pengemudi mengerem dengan cara lain. Per belakang sudah ada penambahan bukan orisinil pabrikan lagi ditambah 2 dan kondisi ban bagian dalam gundul," katanya.

Berdasarkan keterangan Dishub Kabupaten Bogor secara teknis dan surat-surat truk boks itu lengkap. Namun, dengan muatan berat kendaraan dikategorikan overload.

"Kendaraan kondisi baik karena keluaran 2023. Suspensi belakang ada modifikasi penambahan 2 per," ucapnya.

Dari keterangan Jasa Raharja, korban luka akibat kecelakaan itu mendapatkan asuransi. Total terdapat 17 orang mengalami luka-luka, 2 orang di antaranya masih dirawat.

Diketahui, kecelakaan beruntun yang melibatkan 9 kendaraan terjadi di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Selasa 23 Januari 2024. Kecelakaan ini disebabkan rem blong truk yang mengangkut air mineral dan menyebabkan 17 orang mengalami luka-luka.

Tak hanya kendaraan, kecelakaan ini juga menyebabkan dua bangunan mengalami kerusakan parah. Bangunan itu bengkel velg dan rumah makan. Sopir truk boks masih menjalani pemeriksaan oleh polisi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)