Masuk Bursa Cagub DKI, Akseptabilitas dan Elektabilitas RK Tertinggi

Sabtu, 20 Januari 2024 - 10:46 WIB
loading...
Masuk Bursa Cagub DKI, Akseptabilitas dan Elektabilitas RK Tertinggi
Meski tak menjabat sebagai Gubernur Jabar, popularitas Ridwan Kamil (RK) tetap tinggi. Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu masih muncul dalam hasil survei. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Meski sudah tidak menjabat sebagai gubernur Jawa Barat, popularitas Ridwan Kamil (RK) tetap tinggi. Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar itu masih muncul dalam hasil survei berbagai lembaga survei.

Berdasardata Lembaga Survei Jakarta (LSJ) pada 8 - 15 Januari 2024, elektabilitas RK sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta menduduki posisi paling tinggi. Dia mengungguli nama-nama lain termasuk Anies Rasyid Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto menyampaikan, hasil survei tersebut menunjukkan, RK merupakan kandidat terkuat gubernur DKI. RK dinilai punya potensi besar untuk ikut bertarung dalam pilkada serentak tahun ini.

Dari survei yang dilakukan terhadap 880 warga DKI yang sudah memiliki hak suara, elektabilitas RK berada di posisi teratas. Mantan wali kota Bandung itu mengalahkan nama-nama besar lain seperti Tri Rismaharini.

”Ketika LSJ mengajukan pertanyaan kepada responden, siapa yang akan dipilih jika Pilgub DKI dilaksanakan saat ini, ternyata justru nama Ridwan Kamil yang memimpin dengan 23,4 persen,” terang Fetra, Sabtu (20/1/2024).



Di bawah RK, ada Tri Rismaharini dengan elektabilitas 19,2 persen; Anies Rasyid Baswedan dengan elektabilitas 18,4 persen; Basuki Tjahaja Purnama 8,7 persen; Heru Budi Hartono 5,5 persen.

Selain itu, Kaesang Pangarep dengan elektabilitas 3,9 persen; Sandiaga Salahuddin Uno dengan elektabilitas 3,5 persen; dan Ahmad Sahroni dengan elektabilitas 3,2 persen.

Tidak hanya merajai hasil survei elektabilitas sebagai calon gubernur DKI, RK juga menjadi figur yang paling diterima oleh pemilih di Jakarta. Hasil survei tingkat akseptabilitas RK sebagai calon gubernur DKI mencapai angka 80,7 persen.

Dalam survei LSJ, tidak ada nama lain yang tingkat akseptabilitasnya melebihi angka tersebut. Bahkan tingkat akseptabilitas terhadap Anies Baswedan sebagai mantan gubernur DKI tidak setinggi itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)