Dukung Jakarta Global City, Perumda Dharma Jaya Bangun Ruang Terbuka Hijau

Rabu, 10 Januari 2024 - 21:17 WIB
loading...
Dukung Jakarta Global City, Perumda Dharma Jaya Bangun Ruang Terbuka Hijau
Perumda Dharma Jaya mengembangkan pembangunan Ecopark di Cakung, Jakarta Timur. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Mendukung program Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Perumda Dharma Jaya mengembangkan pembangunan Ecopark di Cakung, Jakarta Timur.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman mengatakan, ruang terbuka hijau akan dibangun di lahan seluas 1,4 hektare dengan total estimasi daya tampung pohon sebanyak 150 pohon.

Rencananya di kawasan itu akan ditanam 107 pohon yang terdiri dari tiga jenis yaitu pohon pule, trambesi dan baobab diameter 20-50 cm, dengan ketinggian pohon 2 meter.



Mempercepat itu, pengerukan dan pemerataan lahan sudah dilakukan sejak Desember 2023. “Kami memang merencanakan membangun Ecopark di Cakung sejak tahun 2023. Lahan yang ada di samping kandang hewan seluas 1,4 hektare akan dibangun sebuah kawasan hijau,” katanya.

Penanaman 107 pohon sudah dilakukan kemarin setelah bekerja sama dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Pembangunan Ecopark untuk mendukung penerapan Kota Jakarta menjadi Kota Global.

Untuk mewujudkan Kota Global, Pemprov DKI ingin membangun Jakarta yang tidak hanya mengutamakan pembangunan infrastruktur yang mendukung perekonomian, perdagangan, kegiatan layanan jasa dan keuangan serta bisnis, regional, dan global. Tapi, juga mendukung pembangunan kota yang ramah lingkungan dengan memperluas ruang terbuka hijau.

Selain itu, penanaman pohon mendukung kualitas udara Jakarta yang sehat dengan memperbanyak ruang terbuka hijau. Konsep pembangunan Ecopark di Cakung merupakan ruang interaksi masyarakat dengan taman-taman hijau yang ditanami banyak pohon.

Untuk itu, dalam Ecopark akan ada taman hijau, ruang interaksi publik, taman bermain, dan sarana olahraga.

“Jadi kalau nanti ada tamu yang ingin santai bisa mengunjungi Ecopark. Di sana ada taman hijau, taman interaksi lengkap dengan bangku-bangku santainya sehingga dapat berinteraksi dengan nyaman, ada taman bermain dan tempat olahraga,” ujar Raditya.

Kehadiran Ecopark dapat membawa manfaat bagi masyarakat Jakarta karena tidak hanya menjaga air tanah dengan baik, memperbaiki kualitas udara, menekan polusi udara, menjaga kesehatan hewan di RPH Cakung, tetapi juga memberikan ruang publik bagi masyarakat untuk wisata dan berinteraksi.

“Kalau rimbun dengan pohon-pohon, bukan hanya kita yang menjadi sehat dan senang, tetapi ternak kita juga sehat. Juga ketika masyarakat datang ke Ecopark, tidak hanya bisa menikmati fasilitas di sana melainkan juga dapat mengenal dan membeli produk-produk Dharma Jaya,” katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)