85 Pengurus Rumah Ibadah di Cilincing Jalani Tes Swab Covid-19

Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:46 WIB
loading...
85 Pengurus Rumah Ibadah di Cilincing Jalani Tes Swab Covid-19
Puluhan pengurus rumah ibadah di wilayah Cilincing, Jakarta Utara, mengikuti tes usap (swab test) massal di Kantor Kecamatan Cilincing, Kamis (6/8/2020). Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Puluhan pengurus rumah ibadah di wilayah Cilincing, Jakarta Utara, mengikuti tes usap (swab test) massal di Kantor Kecamatan Cilincing, Kamis (6/8/2020). Hal ini sebagai antisipasi sekaligus upaya pencarian aktif kasus (Active Case Finding) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan masyarakat.

Camat Cilincing Muhammad Andri mengatakan, kegiatan tes usap ini merupakan upaya dari pencegahan kasus Covid-19 di lingkungan masyarakat, khususnya rumah ibadah. Untuk itu, pengurus rumah ibadah difasilitasi untuk mengikuti kegiatan tes tersebut.

"Swab kita gelar bagi pengurus rumah ibadah. Jadi mereka datang langsung ke kantor Kecamatan Cilincing," kata Andri saat dikonfirmasi. (Baca juga: Dua Positif Covid-19 di Lingkungannya, Tujuh Warga Pademangan Timur Langsung Swab Test)

Secara terpisah, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Cilincing, Edison menerangkan, tes usap diikuti oleh sebanyak 85 pengurus rumah ibadah.

"Tes ini mendukung program pencarian aktif kasus Covid-19. Jadi kami harapkan hasil tes ini bisa mengetahui sejauhmana penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat," jelas Edison. (Baca juga: Pesta Pernikahan di Jakarta Masih Dilarang, Acara Akad hanya Maksimal 30 Orang)

Dalam kegiatan ini terdapat 16 petugas yang diturunkan, terdiri dari tiga dokter, 10 tenaga kesehatan, dan tiga petugas laboratorium. Untuk hasilnya akan dikonfirmasikan langsung kepada setiap peserta.

"Mudah-mudahan hasil tes ini bisa selesai tiga sampai tujuh hari ke depan. Sehingga bisa cepat dapat mengetahui perkembangan penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)