Perumahan di Depok Dikepung Banjir, Kadis PUPR: Akibat Sampah dan Debit Air Tinggi

Minggu, 05 November 2023 - 13:53 WIB
loading...
Perumahan di Depok Dikepung Banjir, Kadis PUPR: Akibat Sampah dan Debit Air Tinggi
Sejumlah kawasan kompleks perumahan di Kota Depok dikepung banjir imbas hujan deras pada Sabtu (4/11/2023) malam hingga Minggu (5/11/2023) dini hari. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
DEPOK - Sejumlah kawasan kompleks perumahan di Kota Depok dikepung banjir imbas hujan deras pada Sabtu (4/11/2023) malam hingga Minggu (5/11/2023) dini hari. Saat ini petugas sedang melakukan penanganan di lapangan.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, setidaknya terdapat lima wilayah perumahan di Kota Depok yaang terendam banjir imbas hujan deras.


"(Titik banjir Depok) Taman Duta Cisalak, Pondok Tirta Mandala Cilodong, Puri Sriwedari Harjamukti, Bukit Cengkeh RW 16, Tugu Cimanggis, dan Perumahan di Pondok Petir Bojongsari yang sebelahnya Kali Angke," ujarnya saat dikonfirmasi.

Kata dia, penyebab banjir akibat sampah dan debit air yang tinggi. Pihaknya telah berupaya membersihkan saluran air hingga mengeruk embung. Tak hanya itu, pembuatan sumur resapan juga dilakukan di sejumlah titik.


"Kalau saat ini satgas dari semalam sudah melakukan penyisiran ke lapangan. Hari ini juga, termasuk crossing saluran, pembuatan saluran drainase dengan ukuran u-ditch yang besar," tutupnya.

Jembatan Penghubung Cinere-Pondok Cabe Terendam

Hujan deras mengguyur kawasan Depok juga membuat jembatan penghubung antara Pondok Cabe dengan Cinere terendam banjir parah. Air kali Cinere tampak masih meluap di hingga memenuhi bagian jembatan.

Perumahan di Depok Dikepung Banjir, Kadis PUPR: Akibat Sampah dan Debit Air Tinggi


Alhasil, jembatan tersebut tak bisa dilalui oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Luapan kali terjadi karena intensitas hujan semalam dan air kiriman dari wilayah Bogor.

Jembatan tersebut merupakan salah satu akses utama bagi masyarakat yang hendak melintasi kawasan Pondok Cabe-Cinere atau sebaliknya. Dari video yang beredar tampak air menggenangi bagian jembatan hingga setinggi paha orang dewasa.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)