Partai Perindo Optimistis Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang Dapat Diatasi

Rabu, 25 Oktober 2023 - 14:48 WIB
loading...
Partai Perindo Optimistis Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang Dapat Diatasi
Juru Bicara Nasional Partai Perindo Yerry Tawalujan menyoroti kebakaran TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang. Foto: Dok MPI
A A A
TANGERANG - Juru Bicara Nasional Partai Perindo Yerry Tawalujan menyoroti kebakaran TPA Rawa Kucing , Kota Tangerang. Kebakaran yang terjadi sejak Jumat, 20 Oktober 2023 diharapkan segera terkendali.

"Sudah 5 hari. Tapi karena lagi musim kemarau panjang dengan suhu udara yang sangat panas, maka wajar pemadamannya juga sulit. Walaupun begitu, kita tetap optimistis Pemkot Tangerang segera menanggulangi kebakaran," ujar Yerry, Rabu (25/10/2023).

Yerry yang juga Caleg DPR Dapil Sulawesi Utara dari Partai Perindo ini meminta dukungan penuh dari BNPB untuk membantu pemadaman kebakaran TPA Rawa Kucing dengan sesegera mungkin mengirimkan bantuan helikopter water bombing ke lokasi kebakaran.



"Karena semakin lama kebakarannya semakin merusak dampaknya baik bagi masyarakat sekitar TPA maupun lingkungan. Tingkat polusi akan makin tinggi jika kebakaran tidak segera padam," katanya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, proses pemadaman kebakaran TPA Rawa Kucing terus dilakukan.

"Sekarang kondisinya dibantu water bombing, dari BNPB lagi kerja terus sama teman-teman KLHK sudah bekerja. Mudah-mudahan bisa maksimal (pemadaman) semuanya," ujar Arief.

Berdasarkan data BPBD Kota Tangerang, kondisi terkini penanganan tinggal tersisa 20 persen dari sebelumnya 80 persen dengan total 34 hektare lahan TPA yang telah terbakar.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengungkapkan di hari kelima ini penanganan dua jalur yaitu darat dan udara masih dimaksimalkan. Jalur udara masih dikerahkannya 1 helikopter water bombing dengan fokus area pintu tiga.

"Sedangkan jalur darat ada tujuh tim yang disebar. Selain di pintu satu dan dua untuk pendinginan ulang karena di sana memang sudah aman. Sisanya tim banyak disebar di pintu tiga dan titik baru tim dipasang di area belakang melalui akses persawahan di UPT Multikultura DKP Kota Tangerang," ujar Maryono.

Ratusan personel diterjunkan untuk memadamkan api di lokasi. Petugas gabungan yang bekerja mulai dari jajaran OPD Pemkot Tangerang, DKI Jakarta, Kota Tangsel, Provisi Banten, KLHK, serta BNPB.

"Hari kelima ini kita kian optimistis. Progresnya terus terlihat, luasan terus berkurang, dan insyaallah segera padam total. Seluruh petugas terus semangat, tak kenal lelah, serta pantang pulang sebelum padam," kata Maryono.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)