BNPB Siapkan Helikopter Waterbombing untuk Padamkan Kebakaran di TPA Rawa Kucing

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 10:43 WIB
loading...
BNPB Siapkan Helikopter Waterbombing untuk Padamkan Kebakaran di TPA Rawa Kucing
BNPB menyiapkan helikopter untuk melakukan water bombing guna memadamkan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang. Foto/MPI/Isty Maulidya
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan helikopter untuk melakukan water bombing guna memadamkan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kedaung Wetan, Neglasari, Kota Tangerang Banten. Sebab, kebakaran yang terjadi sejak Jumat, 20 Oktober 2023 pukul 14.00 WIB hingga kini masih terus berlangsung.

Laporan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menyebut penyebab kebakaran masih ditelusuri, tetapi cuaca ekstrem dan panas yang sangat terik membuat tumpukan sampah plastik menjadi sangat mudah terbakar.

“Diperkirakan sekitar sepuluh hektare lahan TPA terbakar dan hingga kini api masih terus membara di lokasi,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Sabtu (21/10/2023).



Aam sapaan Abdul Muhari mengatakan rencananya BNPB akan mengirimkan satu unit helikopter waterbombing yang akan direposisi dari helikopter yang sedang bertugas di Jambi, untuk mempercepat proses pemadaman.

Pada saat kejadian, kata Aam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, BPBD Kota Tangerang bersama tim gabungan langsung menuju lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman darat. “Sebanyak 36 unit pemadam kebakaran dan sekitar 450 orang terlibat dalam proses pemadaman,” katanya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)