Hampir 12 Jam, Kebakaran di TPA Rawa Kucing Belum Padam

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 01:41 WIB
loading...
Hampir 12 Jam, Kebakaran di TPA Rawa Kucing Belum Padam
Kebakaran di TPA Rawa Kucing masih belum juga padam meskipun sudah berlangsung selama hampir 12 jam. Foto/Istimewa
A A A
TANGERANG - Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing masih belum juga padam meskipun sudah berlangsung selama hampir 12 jam. Tempat pembuangan sampah akhir di Kota Tangerang itu terbakar sejak Jumat (20/10/2023) sekitar pukul 13.45 WIB.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menuturkan, hingga tengah malam ini, segala upaya dari petugas di lapangan terus dilakukan. Agar kebakaran segera padam dan kondisi api tak menyambar ke bangunan di sekitarnya.

Kondisi lokasi kejadian, sampah plastik dan angin kencang, membuat proses pemadaman terhambat. "Kami terus melakukan berbagai upaya dan daya maksimal untuk memadamkan api. Kami tidak hanya terjunkan petugas pemadam namun hampir semua petugas lapangan yang bisa bantu kamu mobilisasi untuk memadakan api," kata Arief.

Ratusan personel termasuk puluhan armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Hal tersebut dilakukan, mengingat lokasi TPA yang berdekatan dengan permukiman, selain itu Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) juga terletak sekitar 2 km dari lokasi kejadian.

"Kami berupaya jangan sampai kebakaran ini menggangu penerbangan di Bandara Soetta yang menjadi pintu gerbang negara," ujarnya.



Sementara itu, Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan menambahkan, seorang petugas Damkar dievakuasi ke RSUD Kota Tangerang, lantaran lemas karena sesak nafas. Asap tebal yang muncul dari gunung sampah, membuat petugas pemadam bertumbangan.

"Tadi ada 1 orang petugas, kondisinya lemas, sesak napas. Sudah dievakuasi ke rumah sakit dengan ambulans PMI, untuk dapat penanganan di sana," ujarnya.

Sebagai informasi Pemkot Tangerang telah mengerahkan 34 mobil damkar dan kurang lebih 534 personel dari BPBD, Dishub, PUPR, Budpar, Dinkes dan PDAM untuk memadamkan kebakaran di TPA Rawa Kucing. Kebakaran diduga terjadi akibat suhu panas yang ekstrim yang terjadi pada hari ini di wilayah Kota Tangerang.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)