Kisah Mistis Kota Tua Jakarta, Nomor 2 Boleh Dicoba buat Uji Nyali

Sabtu, 11 Desember 2021 - 09:06 WIB
loading...
Kisah Mistis Kota Tua Jakarta, Nomor 2 Boleh Dicoba buat Uji Nyali
Kawasan Kota Tua di Jakarta dikenal sebagai cagar budayanya Ibu Kota. Namun, di balik itu terselip kisah-kisah mistis yang menemani petualangan di Kota Tua. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Kawasan Kota Tua di Jakarta dikenal sebagai cagar budayanya Ibu Kota. Kota Tua menjadi salah satu pilihan destinasi wisata heritage yang menarik banyak pengunjung, dengan kehadiran bangunan-bangunan tua peninggalan zaman kolonial Belanda. Penataan Kota Tua semakin hari semakin baik. Namun, di balik itu terselip kisah-kisah mistis yang menemani petualangan di Kota Tua.

Baca juga: Jejak De Groote Rivier Batavia, Tempatnya Kaum Borjuis Jakarta di Masa Lalu

Berikut sederet kisah mistis Kota Tua yang dirangkum SINDOnews dari berbagai sumber.

1. Bunyi Gamelan dari Museum Wayang

Kisah Mistis Kota Tua Jakarta, Nomor 2 Boleh Dicoba buat Uji Nyali


Museum Wayang terletak bersebelahan dengan Museum Fatahillah. Menurut penuturan warga sekitar dan penjaga museum, setiap malam terdengar bunyi gamelan dari dalam museum. Padahal, saat itu museum tersebut sudah tidak ada pengunjung satu pun. Konon, di dalam museum wayang terdapat sebuah kuburan salah satu pejabat Belanda. Namun, kuburan tersebut sudah lama dipindahkan.

2. Jeritan dari Museum Sejarah Jakarta

Kisah Mistis Kota Tua Jakarta, Nomor 2 Boleh Dicoba buat Uji Nyali


Malam hari adalah waktu yang tepat untuk uji nyali. Datang saja ke Museum Sejarah Jakarta di kawasan Kota Tua. Gedung yang dulunya merupakan kantor Gubernur Jakarta ini memiliki ruang bawah tanah. Dalam ruang bawah tanah tersebut terdapat penjara wanita. Dari sini lah asal jeritan wanita yang sering terdengar setiap malam. Selain itu, menurut kesaksian, suara musik bernuansa kolonial juga terdengar dari penjara bawah tanah tersebut.

3. Tangisan hingga Bau Amis di Museum Fatahillah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3160 seconds (0.1#10.140)