Dishub Tambah Personel untuk Urai Kemacetan di Jalan Margonda

Senin, 29 Mei 2017 - 18:33 WIB
Dishub Tambah Personel untuk Urai Kemacetan di Jalan Margonda
Dishub Tambah Personel untuk Urai Kemacetan di Jalan Margonda
A A A
DEPOK - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Gandara Budiana mengatakan, pihaknya menambah personel untuk melakukan pengaturan lalulintas. Mengingat sore hari setiap bulan Ramadan kemacetan di Jalan Margonda Depok semakin parah.

"Ada lebih dari 12 petugas untuk mengurai titik kemacetan di Depok selama Bulan Ramadan, khususnya waktu berbuka puasa," kata Gandara kepada wartawan, Senin (29/5/2017).

Kemacetan di Depok terutama di jalan kota kerap dipicu banyaknya pedagang makanan musiman. Mereka selalu berjualan di pinggir jalan tanpa mengindahkan faktor keselamatan.

"Bulan Ramadan biasanya banyak pedagang makanan dadakan bermunculan. Itu akan kita antisipasi supaya tidak menganggu jalan, dan kemacetan," katanya.

Gandara melanjutkan, petugas nanti akan ditempatkan di beberapa titik rawan. Hal itu agar situasi kemacetan bisa langsung diatasi. Pengaturan dan penempatan petugas akan disesuaikan saat Ramadan, terlebih adanya fenomena pedagang dadakan, perlu ada pengaturan. "Kami akan siagakan agar tidak ada kemacetan di Depok," ujarnya.

Beberapa titik kemacetan di Depok seperti Grand Depok City, pasar pucung, dewi sartika, Juanda serta Jalan Sentosa Raya. Jumlah petugas juga bisa ditambah, tergantung situasi di lapangan.

Penempatan petugas Dishub akan dilakukan pada sore hari. Hal itu dilakukan karena sore hari, volume kendaraan akan meningkat. "Sore hari orang akan keluar rumah mencari hidangan untuk berbuka puasa," ujarnya.

Kemacetan di Jalan Margonda pada sore hari kerap terjadi depan Terminal Depok hingga lampu merah. Kemudian di dekat Hotel Bumi Wiyata hingga perempatan Jalan Juanda. Setelah itu terjadi di depan pusat perbelanjaan Detos-Margo, depan Kampus Gunadarma Margonda.

Tak hanya itu kemacetan parah juga terjadi di Jalan Komjen Pol M Jasin tepatnya mulai dari jembatan Kali Ciliwung hingga ke perempatan lampu merah Gunadarma Kelapa Dua.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kota Depok Kompol Sutomo juga melakukan penambahan personel untuk pengaturan lalin. Jam pengaturan pun ditambah mulai dari 2 jam sebelum waktu berbuka. Sehingga pengendara bisa melintas dengan lancar.

"Kita lakukan pengaturan lalin di beberapa titik. Terutama di Jalan Margonda, Jalan Raya Bogor dan Jalan Juanda," katanya.

Pihaknya menempatkan personil untuk mengurai kemacetan serta menutup sejumlah U-turn. Pihaknya akan menindak tegas angkutan umum yang parkir dan menaik turunkan penumpang sembarangan karena itu bisa menambah kemacetan.

"Kita sudah lakukan sejak lama. Namun saat puasa lebih ditingkatkan lagi mengingat pengendara juga ingin sampai di rumah tanpa kena hambatan dan bisa berbuka dengan keluarga," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3712 seconds (0.1#10.140)