Hari Jantung Sedunia, Dinkes DKI Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Selasa, 19 September 2023 - 21:29 WIB
loading...
Hari Jantung Sedunia, Dinkes DKI Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat
Dinkes DKI Jakarta menggelar Puncak Hari Jantung Sedunia tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 di Car Free Day (CFD) kawasan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta menggelar Puncak Hari Jantung Sedunia tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 di Car Free Day (CFD) kawasan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023).

Kegiatan diisi pengumuman pemenang kegiatan challenge (kompetisi) dengan global 'Use Heart, Know Heart' dan tema nasional 'Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu' serta mengkampanyekan 'Challenge Downgrade Ukuran Bajumu' yang merupakan upaya dalam pencegahan berbagai penyakit di Jakarta.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda DKI Jakarta Widyastuti mengapresiasi upaya kreatif Dinas Kesehatan DKI Jakarta melalui "Challenge Downgrade Ukuran Bajumu‟.

"Kegiatan ini menarik untuk terus kita kembangkan menjadi gerakan yang masif dan perlu kita dukung bersama melalui kolaborasi multisektoral,” ujarnya, Selasa (19/9/2023).

Kolaborasi multisektoral merupakan kemitraan yang dihasilkan ketika pemerintah, organisasi nonprofit, swasta, organisasi publik, kelompok masyarakat, dan anggota masyarakat individu berkumpul untuk memecahkan masalah yang mempengaruhi seluruh masyarakat.

Head of Public Relations and Digital Le Minerale Yuna Eka Kristina mendukung kegiatan positif ini yang berupaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat.

Dia juga berharap kegiatan yang diusung Dinas Kesehatan DKI menjadi contoh bagi daerah lainnya sehingga lebih banyak masyarakat yang teredukasi dan secara masif menerapkan pola hidup sehat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia menuturkan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk mencegah penyakit tidak menular terutama penyakit jantung melalui pelibatan berbagai pihak.

“Kegiatan 'Challenge Downgrade Ukuran Bajumu' adalah salah satu komitmen kami untuk membangun budaya sehat di kalangan masyarakat yaitu mencapai indeks masa tubuh ideal melalui perubahan perilaku yang konsisten," ungkapnya.

Rangkaian acara Hari Jantung Sedunia Tahun 2023 ini juga disertai senam bersama, talkshow kesehatan yang menghadirkan narasumber dokter ahli jantung, dokter ahli gizi klinik, dan dokter ahli kedokteran olahraga, dan Gerakan Makan Buah Bersama.

Kemudian, edukasi pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan air mineral tubuh hingga pentingnya penggunaan masker bagi kelompol rentan dan kondisi kesehatan khusus.

Hadir pula layanan deteksi dini masalah kesehatan yang disediakan fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta serta stand pameran, doorprize, dan berbagai hadiah menarik lainnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)