Fakta-fakta Jakarta International Stadium, No 5 Ditarget Rampung 3 Bulan

Kamis, 03 Agustus 2023 - 06:41 WIB
loading...
Fakta-fakta Jakarta International Stadium, No 5 Ditarget Rampung 3 Bulan
Jakarta International Stadium (JIS) merupakan stadion kebanggaan warga Jakarta. Foto/MPI/Dok.Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Jakarta International Stadium (JIS) merupakan stadion kebanggaan warga Jakarta. Stadion yang dibangun Pemprov DKI Jakarta di Tanjung Priok, Jakarta Utara ini sejak beberapa pekan terakhir menjadi sorotan publik.

Polemik tentang JIS kembali menjadi konsumsi publik setelah stadion tersebut digadang-gadang menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Ketum PSSI Erick Thohir memasang target perbaikan JIS selesai dalam waktu tiga bulan. Tujuannya adalah agar stadion yang terletak di utara Jakarta ini dapat menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023.

Pada Selasa, 4 Juli 2023 lalu, Erick Thohir bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi, meninjau JIS. Terdapat beberapa catatan yang akan diperbaiki agar stadion dengan kapasitas 80.000 penonton ini memenuhi standar FIFA.


SINDOnews akan kembali mengulas sejumlah fakta tentang JIS yang mulanya akan menjadi kandang tim sepak bola asal Jakarta yakni Persija Jakarta.

Fakta-fakta tentang JIS yang wajib diketahui;

1. Pembangunan JIS Habiskan Anggaran Rp4,5 Triliun

Biaya yang dibutuhkan untuk membangun stadion kebanggaan warga Jakarta ini adalah Rp4,5 triliun. Tentunya, JIS tak hanya berfungsi sebagai arena pertandingan, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai lokasi konser musik.

JIS dibangun di atas lahan seluas 22 hektare dan didesain dengan standar internasional. JIS hadir dengan fasilitasnya yang sangat lengkap, seperti bungee jumping dan trek jogging.

Stadion ini mengusung sistem zero run-off, artinya air hujan akan jatuh ke tanah dan dialirkan kembali ke saluran air Jakarta Utara. Sistem ini sengaja dipilih untuk mengurangi genangan air usai hujan.

JIS dilengkapi dengan kursi tribun penonton berwarna oranye seperti lapangan sepak bola di Eropa yang dapat menampung hingga 82.000 penonton.

2. Miliki Skywalk Deck di Atas Ketinggian 72 Meter

Pada bagian atas Stadion JIS terdapat Skywalk Deck (jalur jalan di atas ketinggian). Fasilitas ini bisa melayani pengunjung, baik untuk berjalan di sekitar perimeter atas maupun berjalan di atas catwalk untuk sampai ke bagian tengah atas atap tepat di atasnya.

Jalur jalan di atas ketinggian itu memiliki lebar tiga meter panjang 800 meter itu, sehingga bisa juga dipakai untuk lari santai (joging track). Masyarakat bisa menikmati sensai jongging di atas ketinggian 72 meter itu.

3. Atap Buka Tutup Otomatis

JIS adalah stadion pertama di Indonesia yang mempunyai sistem atap buka tutup otomatis. JIS tidak hanya menggelar pertandingan sepak bola saja, namun juga event seperti exhibition hingga konser musik.

Guna mendukung hal tersebut, JIS dilengkapi sistem atap buka tutup otomatis (retractable roof). Hal ini memungkinkan penggunaan stadion secara optimal tanpa terhalang kondisi cuaca.

4. Sudah Dipergunakan untuk Pertandingan Sepak Bola, Salat Id, dan Konser Musik

Sederet kegiatan pernah digelar di Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)