5 Perbedaan Stadion JIS dan GBK, Nomor 4 Pengalaman Menonton

Kamis, 18 Mei 2023 - 06:26 WIB
loading...
5 Perbedaan Stadion JIS dan GBK, Nomor 4 Pengalaman Menonton
Terdapat 5 perbedaan Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 5 perbedaan Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Dua stadion megah itu merupakan kebanggaan warga Jakarta dan umumnya masyarakat Indonesia.

Stadion JIS di Jakarta Utara diresmikan tahun 2022 di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sedangkan, SUGBK yang telah melambungkan nama Indonesia di kancah internasional diresmikan Presiden Soekarno untuk menyambut perhelatan Asian Games 1962.

Baca juga: 3 Fasilitas JIS Tak Dimiliki Stadion GBK, Nomor 2 Tak Terpengaruh Cuaca

Mau tahu perbedaan lainnya Stadion JIS dan GBK, berikut penjelasannya:

1. Kapasitas Stadion
Kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno mencapai 77 ribu orang. Kapasitas tersebut sesuai standar yang direkomendasikan FIFA. Sementara, JIS memiliki kapasitas penonton hingga 82 ribu orang.

Kapasitas JIS lebih besar, namun saat ini belum dipakai untuk ajang olahraga internasional, baru sebatas konser musik.
5 Perbedaan Stadion JIS dan GBK, Nomor 4 Pengalaman Menonton

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat. Foto: Dok SINDOnews

2. Tinggi Stadion
Stadion JIS lebih tinggi dari GBK. JIS setinggi 74 meter, sedangkan GBK memiliki ketinggian 30 meter. JIS lebih tinggi dari GBK karena JIS memiliki 3 tingkat tribun dan 9 lantai sehingga tingginya setara dengan apartemen 25 lantai.

3. Trek Lari
Jika melihat ke dalam Stadion Gelora Bung Karno, terdapat trek lari yang mengelilingi stadion. Berbeda dengan JIS, tidak ada trek lintasan atletik.

Hal ini dikarenakan JIS menerapkan standar desain stadion FIFA sehingga JIS tidak memiliki lintasan lari yang mengelilingi stadion utama. Maka itu, SUGBK disebut Olympic Stadium, sedangkan JIS disebut Football Stadium.

4. Teknologi
Perbedaan antara JIS dan GBK selanjutnya adalah teknologi. JIS merupakan stadion baru dengan desain lebih modern termasuk pada teknologi yang digunakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)