Viral Pertemuan LGBT se-ASEAN di Jakarta, Heru Budi: Kewenangannya Keamanan

Rabu, 12 Juli 2023 - 15:41 WIB
loading...
Viral Pertemuan LGBT se-ASEAN di Jakarta, Heru Budi: Kewenangannya Keamanan
Pj Gubernur DKI Heru Budi enggan menanggapi jauh soal viralnya rencana pertemuan komunitas Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) se-ASEAN di Jakarta. Foto: MPI/ Widya Michella
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono enggan menanggapi jauh soal viralnya rencana pertemuan komunitas Lesbian Gay Biseksual dan Transgender ( LGBT ) se-ASEAN di Jakarta. Heru menegaskan hal itu bukan kewenangan Pemprov DKI.

"Kewenangannya siapa? Kewenangannya (pihak) keamanan lah," ujar Heru singkat kepada wartawan seusai Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Rabu (12/7/2023).



Sebelumnya anggota DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli meminta Pemprov DKI melarang dengan tegas acara itu. Sebab acara itu bertentangan dengan Pancasila, agama, dan budaya Indonesia.

"Untuk pertemuan LGBT meeting, saya minta Dinas Pariwisata melarang karena tidak sesuai dengan budaya kita Pancasila dan agama kita," ujar Taufik.

Ia tidak mempersoalkan banyak wisatawan asing berkunjung ke Jakarta. Namun para wisatawan itu harus tetap taat dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

"Kita senang banyak wisata asing, tapi perlu ada filter. Kita punya budaya yang harus dihormati," tandasnya.


Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata mengaku belum mengetahui rangkaian program yang akan digelar oleh ASEAN SOGIE Caucus itu.

"Kami sampai saat ini belum dapat program dari penyelenggara tersebut," kata dia.

Meski begitu, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Polda Metro Jaya untuk menyelidiki informasi tersebut. "Kalau kita lihat akunnya sudah ditake down," tandasnya.


Sebelumnya viral di media sosial bahwa ASEAN SOGIE Caucus akan menggelar pertemuan komunitas LGBT se-ASEAN di Jakarta pada 17-21 Juli 2023.

Namun akun instagramnya @aseansoegicaucus kini sudah tidak bisa diakses. Flyer pertemuan bertema ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) itu juga sudah dihapus.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)