Sambut Iduladha, Santri Ganjar Pelatihan Menyembelih Hewan Kurban

Minggu, 25 Juni 2023 - 11:24 WIB
loading...
Sambut Iduladha, Santri Ganjar Pelatihan Menyembelih Hewan Kurban
Relawan SDG menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban di Jalan Gotong Royong 2, Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jaksel, Sabtu (24/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kegiatan ini untuk menyambut Hari Raya Iduladha yang sebentar lagi datang.

Dengan pelatihan ini diharapkan masyarakat mengetahui tata cara pelatihan penyembelihan hewan secara syariat Islam. Pelatihan diikuti jemaah Majelis Taklim Nurul Amanah dan masyarakat di Jalan Gotong Royong 2, Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (24/6/2023).

”Kami melaksanakan pelatihan penyembelihan hewan kurban di kebayoran Baru. Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Antusias masyarakat dan jemaah Majelis taklim di wilayah ini juga sangat tinggi," kata Kornas SDG Acep Amirudin.

Menurut Acep, kegiatan ini digelar berdasarkan aspirasi masyarakat Kebayoran Baru untuk memberikan edukasi penyembelihan hewan ini. Tidak semua umat Islam pun mengetahui tata cara pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Dalam pelatihan tersebut, dijelaskan mulai memilih hewan kurban hingga gerakan dan bacaan ketika menyembelihnya. "Mulai dari pemilihan hewan kurban, proses menyembelih seperti apa, kemudian apa yang dibaca saat ingin menyembelih itu harus diketahui masyarakat muslim yang akan menyelenggarakan hari raya kurban," terangnya.

Acep menambahkan pihaknya juga menjelaskan kekhususan bulan Zulhijah bahwa umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan kurban. "Baik kambing, sapi, atau unta," ujarnya.

Dengan edukasi ini masyarakat lebih memahami tata cara menyembelih hewan kurban sehingga ke depannya mereka bisa mempraktikkan langsung di lapangan. Para peserta juga diajari cara mengelola penitipan hewan kurban hingga pendistribusiannya.

Para relawan juga memberikan bantuan berupa seekor kambing untuk disembelih saat Iduladha kepada Majelis Taklim Nurul Amanah. Dalam kesempatan ini, SDG dan para peserta mendoakan Ganjar Pranowo menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029.

Muzakir, peserta pelatihan menyambut antusias kegiatan yang digelar pendukung Ganjar Pranowo tersebut. "Bagus sekali, kami lebih banyak tahu. Apalagi, kami generasi muda awam soal ini," ujarnya.

Pria 33 tahun itu berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan di tempat lain agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat luas. Dia juga mendoakan Ganjar Pranowo bisa menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya agar bangsa ini dapat lebih maju. "Harapannya, Bapak Ganjar dapat menjadi presiden selanjutnya. Semoga Indonesia tambah maju," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)