Eks TPA Pondok Rajeg Bogor Disulap Jadi Hutan Kota

Jum'at, 16 Juni 2023 - 01:25 WIB
loading...
Eks TPA Pondok Rajeg Bogor Disulap Jadi Hutan Kota
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Duta Besar (Dubes) Korea Selatan (Korsel) dan Yayasan Korindo melakukan penanaman pohon eks TPA Pondok Rajeg, Kamis (15/6/2023). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg Cibinong, Kabupaten Bogor, disulap menjadi Hutan Kota dalam rangka kampanye Plant Our Planet (POP), Kamis (15/6/2023). Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Korea Selatan-Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Duta Besar (Dubes) Korea Selatan (Korsel) dan Yayasan Korindo melakukan penanaman pohon di eks TPA seluas 7 hektare itu.

“Saya berharap kegiatan yang berguna seperti ini akan berlanjut hingga sepanjang tahun ini memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Korea Selatan-Indonesia, dan kami siap berperan jika diperlukan,” ujar Dubes Korea Selatan untuk Indonesia, Lee Sang Deok, di sela penanaman pohon.

Konsep utama aksi Plant Our Planet adalah dengan menghubungkan dunia maya dan dunia nyata, yaitu satu orang yang menanam pohon pada platform Metaverse (playtogether), maka satu pohon juga akan tertanam di dunia nyata. Terhitung sejak 14 Mei, sebanyak 340 ribu pohon telah ditanam.


Selain Lee Sang Deok dan Iwan Setiawan, penanaman pohon dalam rangka kampanye pembangunan hutan POP di Pondok Rajeg itu juga dihadiri Ketua Yayasan Korindo Robert Seung, Dirjen Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dyah Murtiningsih, Dirjen Kerja Sama Multilateral Kemenlu Tri Tharyat, dan sejumlah perwakilan instansi terkait.

Iwan Setiawan mengungkapkan, Kabupaten Bogor merupakan daerah penyangga Ibu Kota yang memiliki peran dan fungsi strategis dalam lingkup regional Jabodetabek, sebagai penyedia pemukiman, mengatur tata air dan penyedia lahan pertanian di perkotaan.

Karena itu, Pemkab Bogor menargetkan membangun satu hutan kota setiap tahunnya, dan Hutan Kota Pondok Rajeg menjadi program strategis.

“Kami berupaya membangun banyak hutan kota untuk menjaga keseimbangan ekosistem, menghasilkan udara yang bersih, menjaga ketersediaan air tanah, mengurangi risiko banjir sekaligus menciptakan keteduhan keindahan dan tempat rekreasi bagi masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan itu dilakukan penanaman 50 bibit pohon secara simbolis di bekas TPA Pondok Rajeg. Nantinya akan ada 500 bibit pohon yang ditanam di tempat tersebut dan diproyeksikan menjadi hutan kota.

Lahan dari Hutan Kota Pondok Rajeg ini terbilang istimewa karena merupakan bekas tempat pembuangan sampah yang diubah jadi hutan kota melalui bantuan dari program corporate social responsibility (CSC) Yayasan Korindo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2799 seconds (0.1#10.140)