Kapolres Bismo Sidak Kantor-kantor Penyalur Pekerja Migran di Kota Bogor

Rabu, 07 Juni 2023 - 19:36 WIB
loading...
Kapolres Bismo Sidak Kantor-kantor Penyalur Pekerja Migran di Kota Bogor
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso melakukan sidak ke sejumlah kantor penyalur Pekerja Migran di wilayah Kota Bogor, Rabu (7/6/2023). Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso melakukan sidak ke sejumlah kantor penyalur Pekerja Migran Indonesia di wilayah Kota Bogor, Rabu (7/6/2023). Hasilnya, terdapat satu perusahaan yang izinnya sudah habis.

"Didapati surat perizinan sudah mati atau izinnya lewat batas waktu," ujar Bismo.

Dalam sidak itu Bismo tidak hanya mengecek perizinan, tetapi juga wawancara calon Pekerja Migran Indonesia guna mencari informasi terkait keluhan selama bekerja di luar negeri.



Informasi yang didapat bahwa kendala Pekerja Migran Indonesia lebih dominan pada pengurusan visa yang lama, dan terlalu lama menunggu di luar negeri untuk ditempatkan bekerja.

"Sehingga mengakibatkan banyak pekerja yang telantar," jelasnya.

Kapolres Bismo Sidak Kantor-kantor Penyalur Pekerja Migran di Kota Bogor


Perusahaan yang berlokasi di wilayah Kecamatan Bogor Selatan itu selama ini mengirimkan Pekerja Migran Indonesia ke negara Slavia, Taiwan, dan Myanmar.



Selanjutnya, dari temuan ini polisi akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), pihak Imigrasi, dan instansi terkait lainnya.

Bismo juga membagikan nomor aduan Kapolresta kepada calon Pekerja Migran Indonesia yang akan berangkat maupun yang sudah berangkat pada grup dan Komunitas Pekerja Migran Indonesia.

"Hal ini agar memudahkan apabila mendapatkan informasi atau keluhan untuk melaporkan dengan mudah sehingga dapat dicegah dan ditindak," pungkas Bimo.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)