Pemkot Depok Lakukan Vaksinasi 571 Hewan Ternak Cegah Virus Lato-lato

Kamis, 01 Juni 2023 - 07:41 WIB
loading...
Pemkot Depok Lakukan Vaksinasi 571 Hewan Ternak Cegah Virus Lato-lato
Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok tengah gencar melakukan vaksinasi pada hewan ternak. Foto/Istimewa
A A A
DEPOK - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok tengah gencar melakukan vaksinasi pada hewan ternak . Hal itu bertujuan mencegah hewan ternak terkena virus lato-lato atau Lumpy Skin Disease (LSD) menjelang Hari Raya Iduladha.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida mengatakan, penemuan beberapa kasus hewan ternak yang terkena virus lato-lato, membuat pihaknya mengadakan vaksinasi untuk mencegah agar virus ini tidak menular ke hewan lainnya.

"Kami melakukan upaya pencegahan melalui vaksinasi LSD kepada sapi yang berasal dari peternakan di Depok. Dari 6.542 hewan ternak di Kota Depok, ada sebanyak 21 sapi yang ditemukan terkena LSD,” kata Dede dalam keterangannya dikutip, Kamis (1/6/2023).

Dede menuturkan, sebanyak 571 hewan ternak sudah diberikan vaksin LSD. Sementara itu 900 dosis lagi akan diberikan pekan depan.


“Kami berusaha memberikan vaksin LSD kepada hewan ternak untuk mencegah virus ini menyebar. Dari enam sapi yang dilaporkan terjangkit sebelumnya, sudah dinyatakan sembuh,” ucapnya.

Dede mengimbau masyarakat maupun seluruh pemilik atau pedagang hewan dapat berperan aktif membantu mencegah penyakit menular pada hewan ternak atau kurban, dengan memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan.

“Peternak bisa mengikuti persyaratan dan ketentuan lalu lintas hewan, jika terdapat hewan yang sakit atau mati, dapat segera melaporkan kepada kami,” tuturnya.

Sekadar informasi, DKP3 Kota Depok menemukan 21 kasus virus lato-lato pada hewan ternak enam diantaranya sembuh dari total populasi 6.542 sampai dengan Mei 2023.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)