7 Wisata Keren di Kota Tua Jakarta, Cocok untuk Habiskan Waktu Akhir Pekan

Kamis, 04 Mei 2023 - 15:49 WIB
loading...
7 Wisata Keren di Kota Tua Jakarta, Cocok untuk Habiskan Waktu Akhir Pekan
Terdapat sedikitnya tujuh wisata keren di Kota Tua Jakarta yang bisa dikunjungi. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tujuh wisata keren di Kota Tua Jakarta yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Stasiun Jakarta Kota yang memiliki gaya bangunan unik dan menarik.

Kota Tua Jakarta merupakan destinasi wisata populer di ibu kota. Tercatat, kawasan tersebut menyimpan banyak tempat menarik yang selalu dikunjungi wisatawan. Berikut daftarnya.


Deretan Wisata Keren di Kota Tua Jakarta

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Tempat bersejarah ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Tua Jakarta yang wajib disinggahi para pelancong.

Mengutip laman Jakarta Tourism, Selasa (2/5/2023), Museum Fatahillah ini dulunya merupakan gedung balaikota di era VOC. Dibangun dengan gaya arsitektur Neoklasik khas Istana Dam di Amsterdam, museum ini menyimpan banyak koleksi bersejarah di dalamnya.

Meski beberapa kali mengalami renovasi, tetapi museum ini masih mempertahankan struktur bangunan aslinya. Bagi Anda yang tengah mengunjungi Kota Tua, wajib untuk mencoba destinasi satu ini.

2. Taman Fatahillah

Masih berada di kompleks Museum Fatahillah, terdapat sebuah area taman yang cukup populer di Kota Tua. Tempat ikonik ini memiliki tampilan dan suasan yang cocok untuk berfoto-foto.

Tak hanya itu, pengunjung yang datang juga bisa menyewa sepeda ontel untuk berkeliling. Singkatnya, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman, pasangan, hingga keluarga.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik berada di kawasan Kota Tua Jakarta. Adapun lokasi tepatnya adalah Jalan Pos Kota No. 2, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Mengutip laman Dinas Kebudayaan Jakarta, gedung museum tersebut dibangun dari tahun 1866 hingga 1870 oleh arsitek bernama Jhe W.H.F.H. Van Raders dengan gaya arsitektur Eropa Empire atau Neo Classic.

Sebelum ditetapkan menjadi museum, bangunan tersebut memiliki banyak fungsi yang berbeda. Dari kantor Dewan Keadilan Batavia, asrama anggota NMM, gudang logistik, hingga kantor Walikota Jakbar.

Saat ini, museum tersebut dikelola oleh Unit Pengelola Museum Seni Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Berbagai jenis koleksi yang dimiliki di dalamnya adalah sketsa, lukisan, patung/totem, hingga keramik dari dalam dan luar negeri.


4. Stasiun Kereta Api Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota banyak dikenal juga sebagai Stasiun Beos yang merupakan kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur).

Salah satu stasiun tertua di Indonesia ini memiliki gaya bangunan khas era Belanda. Selain itu, tempat tersebut juga sudah ditetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya berdasarkan SK Gubernur No. 475 Th. 1993, 29 Maret 1993 dan SK Menbudpar No: PM.13/PW.007/MKP/05, 25 April 2005.

5. Museum Wayang

Wisata keren di Kota Tua Jakarta berikutnya adalah Museum Wayang. Bukan sekadar liburan biasa, pengunjung akan mendapat tambahan ilmu dengan mendatangi destinasi ini, khususnya terkait pewayangan.

Pada museum ini, terdapat banyak koleksi wayang dari berbagai zaman dan era yang berbeda. Selain itu, tempatnya pun memiliki desain bangunan yang unik dan instagramable.

6. Museum BI

Museum Bank Indonesia (BI) berada di kawasan bersejarah Kota Tua, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara No 3, Jakarta Barat. Melalui tempat ini, pengunjung dapat mengenal sejarah yang lebih dalam, khususnya terkait uang Indonesia.

Tak hanya memiliki tampilan bangunan dengan ruangan-ruangan unik, museum ini juga menyimpan banyak koleksi mata uang kuno yang langka.

7. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan menjadi salah satu cagar budaya di Jakarta. Ikon sejarah di Kota Tua ini telah banyak berganti nama sejak dulu.

Nama Jembatan Kota Intan sendiri tersemat pasca Proklamasi Kemerdekaan. Alasannya karena tempat tersebut letaknya dekat dengan salah satu Bastion Kastil Batavia bernama Bastion Diamant (Intan).

Pada 7 September tahun 1972, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin menetapkan Jembatan Kota Intan sebagai Benda Cagar Budaya.

Itulah sederet tempat wisata keren di Kota Tua Jakarta yang dapat dikunjungi. Jadi, mau kemana hari ini?
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0792 seconds (0.1#10.140)