Jalur Puncak Macet Parah, Ini Penyebabnya

Selasa, 25 April 2023 - 13:02 WIB
loading...
Jalur Puncak Macet Parah, Ini Penyebabnya
Polisi membeberkan penyebab kemacetan parah yang terjadi di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada Senin 24 April 2023. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Polisi membeberkan penyebab kemacetan parah yang terjadi di kawasan Puncak , Kabupaten Bogor pada Senin 24 April 2023. Volume kendaraan telah melebihi batas kemampuan jalan.

"Kapasitas Jalur Puncak ini menampung 28.000 kendaraan. Berdasarkan perhitungan kami per pukul 00.00 WIB, 60.000 kendaraan lebih untuk roda empat dan 100 ribuan lebih untuk roda dua melintasi Jalur Puncak dari sejak Minggu malam," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Selasa (25/4/2023).

Peningkatan volume kendaraan yang signifikan berdampak kemacaten di Jalur Puncak. Termasuk durasi sistem one way yang dilakukan petugas.

"Banyak yang mempertanyakan ketika kami melakukan pemendingan atau penyekatan saat one way ke arah Jakarta maupun Puncak. Namun kami sudah jelaskan kepada masyarakat yang menunggu proses one way atau sedang pemendingan bahwa ini kami lakukan dalam rangka menguras arus dan memberikan kelancaran," tuturnya.



Proses one way membutuhkan waktu yang tidak dapat diprediksi. Terlebih, volume kendaraan di Jalur Puncak memang meningkat.

"Membutuhkan waktu yang cukup lama, karena memang jumlah arus yang luar biasa yang masuk ke wilayah Jalur Puncak sendiri. Sampai hari libur terakhir anak sekolah, kami akan terus mempersiapkan Jalur Puncak untuk mengantisipasi pengunjung yang menuju ke tempat wisata Puncak," tutupnya.

Untuk diketahui, Jalur Puncak, Kabupaten Bogor baru dibuka normal dua arah pada Senin 24 April 2023 malam. Kendaraan yang akan menuju kawasan Puncak sempat tertahan selama 9,5 jam karena proses one way arah Jakarta.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)