Cegah Napi Kabur saat Kunjungan Lebaran, Rutan Salemba Pakai Sistem Sidik Jari

Selasa, 25 April 2023 - 06:46 WIB
loading...
Cegah Napi Kabur saat Kunjungan Lebaran, Rutan Salemba Pakai Sistem Sidik Jari
Pengamanan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Kelas 1 Jakarta Pusat diperketat guna mencegah napi kabur. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pengamanan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Kelas 1 Jakarta Pusat diperketat guna mencegah narapidana (napi) kabur . Pencegahan itu dilakukan saat adanya kunjungan keluarga warga binaan ke rutan sepanjang libur lebaran .

"Kita awal di depan ada verifikasi KTP, ada juga pengecekan geometrik di pendaftaran sidik jari. Karena setiap orang punya sidik jari berbeda. Jika ada salah satu keluarga dan WBP yang kembar, belum tentu sidik jarinya sama," kata Kepala Rutan Salemba Kelas 1 Jakarta Pusat Fauzi Harahap saat dikonfirmasi, Selasa (25/4/2023).

Nantinya, pihak keluarga yang menjenguk juga menitipkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke pos pengamanan. Serta, langsung dicek sidik jari dengan diberikan stempel ultra violet dan gelang khusus pengunjung.

"Pengunjung dicap stempel UV dengan gambar random setiap hari, jadi tidak terbaca dan mencontoh stampel yang kita bikin, warna juga berbeda. Kemudian pengunjung dicek sidik jari, diberikan gelang pakai kabel tis. Jadi ada tuga keamanan di situ," imbuhnya.



Setelah pengunjung selesai mengunjungi WBP keluarganya, ketika hendak keluar dari Rutan Salemba, para pengunjung akan diperiksa dengan cara yang sama ketika mereka masuk.

"Jadi ketika dia keluar harus verifikasi data lagi, kalau tidak cocok tidak bisa (keluar). Kita pakai sistem itu, karena setiap orang punya sidik jari berbeda," paparnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)