Ini Cara Dishub DKI Tangani Kelebihan 9.000 Pendaftar Mudik Gratis

Rabu, 05 April 2023 - 07:21 WIB
loading...
Ini Cara Dishub DKI Tangani Kelebihan 9.000 Pendaftar Mudik Gratis
Sejumlah bus siap mengangkut pemudik yang akan mengikuti mudik gratis. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menutup sementara pendaftaran mudik gratis ke 19 kota di Indonesia. Penutupan pendaftaran itu karena saat ini sedang dilakukan verifikasi data pemudik yang sudah mendaftar.

Berdasarkan data terakhir, sebanyak 28 ribu data calon pendaftar mudik yang terdaftar. Angka itu terdiri dari 17.145 pendaftar mudik dan 11.400 arus balik. Jumlah itu pun melampaui kuota yang disiapkan yakni 19.280.

Menanggapi adanya 9.000 data berlebih yang masuk ke sistem pendataan Dishub DKI, Kabid Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta Yayat Sudrajat mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi data.

“Saat ini kan kita masih melakukan verifikasi ulang, artinya kita menginformasikan kembali kepada peserta mudik gratis untuk memastikan apakah yang bersangkutan tetap berangkat di tanggal 19, atau tidak,” ujarnya kepada wartawan, Selasa 4 April 2023.

Yayat mengungkapkan, konfirmasi terhadap para peserta mudik dilakukan menggunakan pesan WhatsApp. Pihaknya, kata dia, akan mengirimkan pesan secara serempak kepada calon peserta mudik gratis.



Kemudian, Yayat menuturkan, Dishub DKI tengah berupaya untuk menambah kapasitas keterisian bus agar dapat menampung seluruh pendaftar mudik gratis.

“Kita target itu dengan kapasitas minimal kursi terisi 40 seat, tidak menutup kemungkinan ketika nanti bertambah, kita akan minta kepada penyedia jasa untuk kapasitas mobil bisa bertambah,” tuturnya.

Lebih lanjut, kata dia, tidak adanya penambahan jumlah armada bus yang dari awal sudah ditetapkan sebanyak 482 armada.

“Kita minta penyedia bus untuk menyiapkan kapasitas busnya yang full. Jadi masyarakat terangkut semua tanpa harus menambah jumlah bus,” jelasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)