Begini Respons Dokter Soal Korban D yang Disebut Alami Diffuse Axonal Injury

Selasa, 28 Februari 2023 - 17:38 WIB
loading...
Begini Respons Dokter Soal Korban D yang Disebut Alami Diffuse Axonal Injury
Tim medis ICU RS Mayapada Jakarta menjelaskan kondisi terkini korban D di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/2/2023). Foto: MPI/Martin Ronaldo
A A A
JAKARTA - Korban D disebut-sebut mengalami Diffuse Axonal Injury (DAI) atau cedera aksonal difus. Namun, tim dokter penanganan RS Mayapada Jakarta memberikan respons sebenarnya yang terjadi pada D.

D dianiaya Mario Dandy Satriyo , anak pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo. Terhadap kondisi D, tim dokter angkat bicara.

“Itu DAI dasarnya apa? Ada kriterianya dan tidak gampang untuk mengatakan DAI,” ujar Frans Pangalila, anggota Tim Medis ICU RS Mayapada Jakarta, Selasa (28/2/2023).
Baca juga: 4 Tokoh Ternama Jenguk Anak Pengurus GP Ansor yang Dianiaya Mario Dandy

Menurut dia, perlu kriteria khusus untuk menyatakan seorang pasien mengalami DAI. “Itu terlalu teledor kalau kita mengatakan DAI, dasarnya apa? Begitu kira-kira,” ucapnya.

Sejauh ini, kondisi D semakin membaik. “Saya tidak bisa katakan untuk beberapa hari ke depan, ini sangat relatif. Dalam 4-5 hari ini perkembangannya cukup menyenangkan,” kata Frans.

Dia mengungkapkan kondisi D sudah membaik, namun masih membutuhkan observasi menyeluruh. Terkait apakah ada penyakit dalam yang diderita D akibat penganiayaan, tim dokter tidak ingin mengambil spekulasi terlebih dahulu.

"Saya menggambarkan secara umum saja. Untuk detailnya belum bisa kami sampaikan karena masih membutuhkan proses observasi mendalam," ujarnya.

Korban D selama menjalani perawatan di rumah sakit dijenguk beberapa tokoh terkenal yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, dan istri mendiang Presiden Ke-4 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriyah.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)