Universitas Pancasila Gandeng Hakaaston Implementasikan Program Matching Fund

Kamis, 19 Januari 2023 - 00:44 WIB
loading...
A A A
Melalui program Matching Fund tahun 2022, Universitas Pancasila bermitra dengan PT Hakaaston berhasil mendapatkan pendanaan dengan topik Komersialisasi Nano Grout untuk Material Perbaikan Jalan, Struktur Bangunan, dan Bearing Pad Jembatan.

PT Hakaaston siap mengkomersialisasikan Nano Grout. Kesiapan ditandai dengan adanya nota kesepahaman (MOU), Perjanjian Intelectual Property Right (IPR) dan Perjanjian Lisensi antara kedua belak pihak.

Nano Grout merupakan material maju yang sangat dibutuhkan pada pekerjaan konstruksi di Indonesia, telah mendapatkan paten sederhana IDS 000003889 pada 21 Mei 2021, dengan Inventor Prof Jonbi dan AR IndraTjahjani.

Nano Grout yang dikembangkan menggunakan material dalam skala nano memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan material grout yang ada dipasaran (skala mikro).

Beberapa keunggulan material nanogrout antara lain sifat mekanis (kuat tekan, kuat lentur, tarik dan adhesive lebih tinggi), sehingga dapat memenuhi kebutuhan proyek dengan spesifikasi yang semakin tinggi. Kemudian berbasis bahan lokal sehingga harga sangat kompetitif.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)