Simak! 3 Perbedaan Sirkuit Formula E Jakarta dan MotoGP Mandalika

Senin, 06 Juni 2022 - 06:15 WIB
2. Desain Lintasan

Sirkuit Mandalika memiliki desain lintasan yang lebih kompleks dengan proses pembangunan yang membutuhkan waktu lebih lama daripada Sirkuit Formula E. Sirkuit Mandalika juga dilengkapi dengan service road yang mengelilingi bagian dalam dan luar trek utama. Hal ini dikarenakan Sirkuit Mandalika difokuskan untuk balap motor seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP.



Sirkuit MotoGP Mandalika. Foto: Dok SINDOnews

3. Layout Lintasan

Perbedaan di antara kedua sirkuit tersebut juga dapat dilihat berdasarkan layout lintasan. Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,31 km dan lebar 15 meter. Terdapat 17 tikungan di lintasan yang terdiri dari 11 tikungan mengarah ke kanan, sedangkan sisanya yakni 6 tikungan menghadap ke kiri. Sirkuit Mandalika juga memiliki kapasitas 50.000 tempat duduk di tribun dan total mencapai 195.700 orang.

Sementara itu, Sirkuit Formula E memiliki panjang lintasan sekitar 2,4 km dengan 18 tikungan. Panjang lintasan lurus di sirkuit ini 600 meter dan sisanya lintasan dengan tikungan. Di sirkuit dengan lebar 12 meter ini, arah lintasan sesuai arah jarum jam. Satu lagi yang unik, sirkuit Formula E memiliki bentuk lintasan seperti kuda lumping.



Sirkuit MotoGP Mandalika. Foto: Dok SINDOnews
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More