Tebet Eco Park Berfungsi sebagai Taman Hijau dan Kolam Retensi

Sabtu, 23 April 2022 - 22:11 WIB
Selain berfungsi sebagai taman hijau, kehadiran Tebet Eco Park juga sekaligus sebagai penampungan air di kala musim hujan. Foto: IG@AniesBaswedan
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembukaan Tebet Eco Park, Sabtu (23/4/2022). Beragam fasilitas dan taman berkonsep Eco Park akan memanjakan warga dan juga mahkluk hidup lainnya.

Menurut Anies, selain berfungsi sebagai taman hijau, kehadiran Tebet Eco Park juga sekaligus sebagai penampungan air di kala musim hujan. Hal ini mengingat kelengkapan pepohonan dan sungai yang berada di sekitar Tebet Eco Park.



"Sungai ini nanti ketika air naik maka air ditampung di kanan kirinya. Ini memang berfungsi sebagai kolam retensi di musim hujan dan konsepnya natural. Ketika musim kering akan surut airnya," tutur Anies.

Anies menegaskan fungsi retensi yakni sebagai penahan luapan air ketika banjir di wilayah sekitar Tebet. Terlebih fungsi natural penampungan air tersebut dapat surut secara alamiah.



"Jadi taman ini berfungsi sebagai penampungan air ketika volume air meningkat di musim hujan, ketika air surut maka bisa digunakan lagi," kata Anies.

Anies berharap kesuksesan revitalisasi Taman Tebet menjadi Tebet Eco Park menjadi percontohan revitalisasi taman lain di Ibu Kota. Konsep Tebet Eco Park, bagi Anies, adalah sebagai Park bukan Garden karena dapat diakses oleh siapa saja serta difungsikan sebagai tempat bermain.

Baca juga: Yuk! Intip Berbagai Fasilitas Keren Tebet Eco Park

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More