Sambut Ramadhan, ACT Ajak Umat Islam Perbanyak Sedekah

Jum'at, 04 Maret 2022 - 21:33 WIB
Ramadhan menghitung hari. Untuk menyambutnya, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyerukan agar umat memperbanyak sedekah sejak dini. Foto: MPI/Hambali
TANGERANG SELATAN - Ramadhan menghitung hari. Untuk menyambutnya, Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) menyerukan agar umat memperbanyak sedekah sejak dini.

Ajakan berbagi itu dikemas melalui tema ‘Kan Ramadhan’ yang diluncurkan pada Jumat 4 Maret 2022 di Masjid Al-Chairu, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). Sejumlah publik figur turut hadir.

‘Kan Ramadhan’ memiliki makna semua jenis ibadah, termasuk memberikan sedekah pada bulan Ramadhan tanpa harus memikirkan alasan-alasan tertentu.

Baca juga: Global Wakaf-ACT Hadir di Cianjur Kuatkan Perekonomian UMKM

Semua kebaikan dan ibadah yang dilakukan pada periode tersebut hanya memiliki satu alasan yakni karena kehadiran bulan Ramadhan. Kebiasaan itu diharapkan berkelanjutan walaupun Ramadhan telah usai.



"Sebelum Ramadhan, kita harus menyambutnya dengan persiapan-persiapan terbaik. Saat Ramadhan berlangsung, kita lakukan ibadah-ibadah terbaik. Termasuk sedekah terbaik. Lalu setelah Ramadhan, kita harus memberi yang terbaik atas berkah dari bulan Ramadhan yang kita dapatkan," kata Presiden ACT Ibnu Khajar.

Meski kehadiran Ramadhan berbarengan dengan pandemi Covid-19, dia berharap hal itu tidak mengurangi kekhusyukan umat dalam beribadah. Dia berharap dengan kondisi saat ini justru bisa mempertebal semangat beribadah.

"Melalui sedekah di saat pandemi, masyarakat bisa lebih menguatkan mereka yang membutuhkan, misalnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," ujarnya.

Bulan Ramadhan merupakan momentum yang sangat baik dalam menjalankan semua jenis ibadah. Banyak keutamaan yang diberikan sebab Ramadhan dianggap paling mulia dibanding bulan lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More