Deretan Pasar Loak yang Melegenda di Jakarta

Jum'at, 04 Maret 2022 - 10:32 WIB
Pasar loak merupakan sebuah tempat berlangsungnya kegiatan jual beli barang loak atau bekas.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
JAKARTA - Pasar loak merupakan sebuah tempat berlangsungnya kegiatan jual beli barang loak atau bekas, mulai dari yang kualitasnya rendah hingga barang berkualitas tinggi. Meski barang loak adalah barang bekas, namun tetap memiliki nilai ekonomis.

Di Jakarta, pasar loak bisa ditemukan di beberapa wilayah. Di antara pasar loak tersebut, ada yang melegenda karena sudah berdiri sejak lama.

Berikut daftar pasar loak yang melegenda di Jakarta dilansir dari berbagai sumber.

1. Pasar Ular

Pasar ini terletak di kawasan Plumpang, Jakarta Utara. Walaupun namanya Pasar Ular, namun tempat ini tidak menjual ular. Di Pasar Ular terdapat beraneka ragam benda, seperti tas, sepatu kulit, dan dompet. Barang-barang tersebut cukup bermerek dan tentunya dijual dengan harga miring.



Pasar Ular sudah ada sejak 1959 yang merupakan tempat para pedagang kagetan Kawasan III Pelabuhan Tanjung Priok (kini Terminal Peti Kemas Koja). Akibat pembangunan terminal itu, lokasi pasar yang semula di seberang Plaza Koja dipindah ke Rawa Badak, Plumpang.



Foto/Istimewa

Nama Pasar Ular dibahas oleh Zaenuddin HM dalam bukunya, 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe. Dijelaskan bahwa pada zaman dahulu barang yang dijual merupakan pakaian dan perabot dari produk luar negeri atau impor yang diselundupkan dari Pelabuhan Tanjung Priok.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More