Sejarah Balai Kota DKI Jakarta, Dulu Kantor Komisaris Tinggi Kerajaan Belanda

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 05:00 WIB
Gedung Balai Kota DKI Jakarta. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Balai Kota DKI Jakarta merupakan gedung kuno dan bersejarah di Jalan Medan Merdeka Selatan No 8-9, Jakarta Pusat. Dulunya Kantor Komisaris Tinggi Kerajaan Belanda di Indonesia dan saat ini menjadi bagian penting dari gugus perkantoran di Pemprov DKI Jakarta karena di sinilah Gubernur DKI bersama stafnya berkantor.

Sebelum menempati gedung Balai Kota DKI di Medan Merdeka Selatan, pusat pemerintahan Kota Jakarta mengalami beberapa kali perpindahan tempat. Dikutip dari sudinpusarjakbar.go.id, Sabtu (2/10/2021), ketika Stad Batavia dibentuk pada 1905 kemudian berubah menjadi Gemeente Batavia, kantor pemerintahannya bertempat di Stadhuis yakni bangunan kuno abad XVIII di Stadhuisplein (sekarang Taman Fatahillah dan dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta).

Baca juga: Anies Jadi Inspektur, Begini Suasana Upacara HUT Ke 76 RI di Balai Kota DKI Jakarta

Pada 1913 kantor Gemeente Batavia beralih ke Tanah Abang West (sekarang Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat) dan pada 1919 kantor Gemeente Batavia pindah lagi ke Koningsplein Zuid (sekarang Medan Merdeka Selatan No 9).





Sejarah Balai Kota DKI Jakarta. Foto: sudinpusarjakbar.go.id

Pada masa Jepang antara tahun 1942 dan 1945, nama Gemeente Batavia diubah menjadi Djakarta Tokubetsu Shi dan tetap menempati kantor Koningsplein Zui No 9. Kemudian diubah menjadi Gambir Selatan, setelah Indonesia Merdeka pun kantor pemerintahan kota Jakarta tidak pindah hanya nama pemerintahan diubah menjadi Pemerintahan Nasional Kota Djakarta dan kantornya disebut Balai Agung Pemerintahan Nasional Kota Djakarta dengan wali kota pertama Soewirjo.

Pada 9 Maret 1948 Belanda membentuk pemerintahan Pre Federal yang menjadikan Jakarta sebagai ibu kota negara dan berada langsung di bawah Pemerintahan Federal. Nama pemerintahan Kota Jakarta diubah menjadi Stadgemeente Djakarta. Sejak 31 Maret 1950 kota Jakarta berkedudukan sebagai Kotapraja Djakarta dan Soewirjo diangkat kembali sebagai wali kota dan pada 1950 nama Gambir Selatan diubah menjadi Medan Merdeka Selatan.

Baca juga: 100 Personel Pemadam Dikerahkan ke Balai Kota DKI untuk Penyemprotan Disinfektan
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More