Deretan Wakapolda Metro Jaya Dalam 5 Tahun Terakhir, Nomor 2 Pernah Ikut Buru Teroris Dr Azahari

Jum'at, 28 Juli 2023 - 09:28 WIB
Dalam satu dekade terakhir tercatat delapan perwira tinggi telah menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya. Foto/SINDOnew/Ilustrasi.dok
JAKARTA - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) merupakan salah satu jabatan strategis di lingkungan Polri . Sosok yang menjabat sebagai Wakapolda tentunya merupakan perwira tinggi kepolisian yang memiliki segudang prestasi.

Di wilayah Polda Metro Jaya, perwira tinggi polisi yang menjadi sebagai Wakapolda berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen). Keberadaa Wakapolda sangat lah penting karena bertugas membantu Kapolda dengan mengendalikan pelaksanaan tugas-tugas staf seluruh satuan organisasi dalam jajaran Polda.

Wakapolda pun harus memimpin Polda bila Kapolda berhalangan sesuai dengan batas kewenangannya.



Berdasarkan catatan SINDOnews, dalam satu dekade terakhir tercatat delapan perwira tinggi telah menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya. Masa jabatan Wakapolda Metro Jaya mayoritas hanya dua tahun menjabat.



Berikut deretan perwira tinggi Polri yang menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya dalam 5 tahun terakhir;

1. Komjen Pol Purwadi Arianto

Pada tahun 2017, Purwadi Arianto mengisi posisi Wakapolda Metro Jaya yang sebelumnya dijabat Brigjen Suntana. Pemindahan posisi tersebut berdasarkan perintah Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui Surat Telegram nomor ST/2032/VIII/2017 tertanggal 25 Agustus 2017.

Masa jabatan Purwadi sebagai Wakapolda Metro Jaya hanya 1 tahun. Pada 2018, Purwadi dipindahtugaskan menjadi Kapolda Lampung dan posisinya sebagai Wakapolda Metro Jaya digantikan oleh Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat.

Segudang prestasi diraih Purwadi, pada Agustus 2022, Komjen Pol Purwadi Arianto menerima penghargaan dari Kementerian Luar Negeri Jepang atas upayanya dalam pengembangan program Pemolisian Masyarakat (Polmas).

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More