Diversifikasi Usaha PDAM, TP2D Bekasi Kaji Produksi Air Kemasan

Selasa, 24 Januari 2023 - 17:36 WIB
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim meninjau instalasi pengolahan air ultrafiltrasi di Tegal Gede, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Foto/Dok Pemkab Bekasi
BEKASI - Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Kabupaten Bekasi melakukan kajian awal terhadap diversifikasi usaha PDAM Tirta Bhagasasi melalui unit bisnis produksi air minum dalam kemasan.

Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi Soni Sumarsono mengatakan kajian awal dengan studi kelayakan air minum kemasan seperti yang direkomendasikan kepada kepala daerah selaku kuasa pemilik modal perusahaan pelat merah itu.

”Kajian kami terfokus pada kelayakan produk air minum dalam kemasan bermerek dagang B-Quaku secara ekonomi,” kata Soni, Selasa (24/1/2023).



Pihaknya mendukung rencana perluasan usaha yang diinisiasi badan usaha milik daerah itu selama menguntungkan secara layak bagi kepentingan masyarakat umum dari aspek penambahan pendapatan daerah.



”Jadi ini merupakan reorientasi strategi ke arah pengembangan produk layanan, selama ini PDAM Tirta Bhagasasi melayani air bersih untuk Bekasi. Air minum dalam kemasan dianggap perluasan usaha paling memungkinkan,” kata Mantan Dirjen Otda Kemendagri RI itu.

Anggota TP2D Kabupaten Bekasi Harun Al Rasyid mengatakan diversifikasi usaha berupa produk air minum dalam kemasan sekaligus upaya optimalisasi instalasi pengolahan air yang telah dimiliki PDAM Tirta Bhagasasi.

Air minum dalam kemasan ini bukan berasal dari air permukaan melainkan air tanah yang dikerjasamakan dengan rekanan perusahaan yakni PT Moya. Air tanah itu diultrafiltrasi menggunakan membran ultra filter menghasilkan air super jernih.

”Jadi kualitas air yang dihasilkan di atas rata-rata. Secara umum sangat layak. Kami juga mengkaji harga produk ini, bisa saja di bawah pasar namun tetap menghasilkan keuntungan bagi perusahaan,” katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More