Menhub Minta Headway KRL 3 Menit, KAI Bakal Koordinasi dengan KCI

Senin, 07 Januari 2019 - 12:37 WIB
Menhub Minta Headway KRL 3 Menit, KAI Bakal Koordinasi dengan KCI
Menhub Minta Headway KRL 3 Menit, KAI Bakal Koordinasi dengan KCI
A A A
JAKARTA - Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk mewujudkan permintaan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang meminta headway KRL menjadi tiga menit.

"Nanti mau dibahas bersama dengan PT KCI," kata Edy saat dihubungi SINDOnews, Senin (7/1/2019).

Sebelumnya diberitakan, Menhub Budi melakukan peninjauan perjalanan KRL Commuter Line. Budi Karya ingin mengetahui bagaimana sistem transportasi massal berbasis rel. Karenanya, ia sengaja naik Commuter Line dari Stasiun Tebet menuju Stasiun Depok Baru.

Selama berada di perjalanan, Budi mendapatkan banyak masukan dari masyarakat pengguna jasa kereta listrik itu. Ada warga yang senang karena lebih cepat, aman dan murah. Tak ketinggalan, pengguna jasa yang kesal juga ada. Pengguna jasa mengeluhkan seringnya gangguan yang ada. Selain itu keterlambatan kereta sering merugikan masyarakat.

"Saya naik dari Stasiun Tebet ke Depok Baru, saya lihat baik, bersih, tepat waktu. Saya tanya beberapa penumpang puas, bahkan ibu-ibu bilang di sini lebih aman lebih cepat lebih murah," tukasnya.

Menhub berjanji akan menambah kapasitas KRL dalam waktu dua tahun ke depan. Peningkatan kapasitas ini atas dasar saran dari para penumpang dan fakta di lapangan. Menhub menyadari masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Misalnya soal kepadatan penumpang di peak hour (jam sibuk pagi dan sore hari).

"Memang ada keluhan dari penumpang ada hari dan jam tertentu KRL penuh penumpang. Maka dari itu, akan ada peningkatan kapasitas KRL dalam waktu dua tahun mendatang," tandasnya. (Baca Juga: Tanpa Perlintasan Sebidang, PT KAI Bisa Operasikan 2.000 Perjalanan
Saat ini, kapasitas penumpang Commuter Line tercatat sebanyak 1,2 juta orang. Ke depan akan ditingkatkan menjadi 2 juta orang dalam waktu dua tahun ke depan. Saat ini, time headway atau jeda jarak Commuter Line juga baru lima menit, ke depan akan ditingkatkan menjadi tiga menit untuk menunjang target 2 juta penumpang tersebut.

"Jarak kereta api itu kan sekarang lima menit nanti kita buat tiga menit, jadi kapasitasnya lebih besar," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7445 seconds (0.1#10.140)