alexametrics

Menhub Janji Jadwal Commuter Line Ditingkatkan Menjadi 3 Menit Sekali

loading...
Menhub Janji Jadwal Commuter Line Ditingkatkan Menjadi 3 Menit Sekali
Time headway atau jeda jarak Commuter Line ke depan akan ditingkatkan menjadi tiga menit. Foto: Ilustrasi/Dok
A+ A-
DEPOK - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hari ini melakukan meninjauan perjalanan KRL Commuter Line. Budi Karya ingin mengetahui bagaimana sistem transportasi massal berbasis rel. Karenanya, ia sengaja naik Commuter Line dari Stasiun Tebet menuju Stasiun Depok Baru.

Menhub mengaku dalam rangkaian kereta api sempat mengobrol dengan penumpang. Dari testimoni penumpang, kata Budi, mereka mengaku senang menggunakan Commuter Line. "Mereka bilang kereta cepat dan murah," ujarnya di Stasiun Depok Baru, Sabtu (5/1/2018). (Baca juga: KCI Targetkan Akhir Tahun KMT Dipakai Semua Moda Transportasi)

Menurut Menhub, saat ini sarana dan prasarana kereta sudah jauh lebih baik. Sehingga kereta dijadikan moda transportasi utama masyarakat. "Saya naik dari Stasiun Tebet ke Depok Baru, saya lihat baik, bersih, tepat waktu. Saya tanya beberapa penumpang puas, bahkan ibu-ibu bilang di sini lebih aman lebih cepat lebih murah," tukasnya.



Menhub berjanji akan menambah kapasitas KRL dalam waktu dua tahun ke depan. Peningkatan kapasitas ini atas dasar saran dari para penumpang dan fakta di lapangan. Menhub menyadari masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Misalnya soal kepadatan penumpang di peak hour (jam sibuk pagi dan sore hari).

"Memang ada keluhan dari penumpang ada hari dan jam tertentu KRL penuh penumpang. Maka dari itu, akan ada peningkatan kapasitas KRL dalam waktu dua tahun mendatang," tandasnya. (Baca juga: Tanpa Perlintasan Sebidang, PT KAI Bisa Operasikan 2.000 Perjalanan)

Saat ini, kapasitas penumpang Commuter Line tercatat sebanyak 1,2 juta orang. Ke depan akan ditingkatkan menjadi 2 juta orang dalam waktu dua tahun ke depan. Saat ini, time headway atau jeda jarak Commuter Line juga baru lima menit, ke depan akan ditingkatkan menjadi tiga menit untuk menunjang target 2 juta penumpang tersebut.

"Jarak kereta api itu kan sekarang lima menit nanti kita buat tiga menit, jadi kapasitasnya lebih besar," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak