Perbedaan Kondisi KRL Dulu dan Sekarang

Sabtu, 28 Mei 2022 - 15:24 WIB
loading...
Perbedaan Kondisi KRL Dulu dan Sekarang
Kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek telah banyak mengalami perubahan. Banyak perbedaan kondisi KRL dulu dan sekarang setelah dimodernisasi menjadi Commuter Line. Foto: Dok/SINDOnews/Ist
A A A
JAKARTA - Kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek telah banyak mengalami perubahan. Banyak perbedaan kondisi KRL dulu dan sekarang setelah dimodernisasi menjadi Commuter Line.



KRL Commuter Line merupakan moda transportasi massal yang banyak digunakan masyarakat Jabodetabek. Sebelum pandemi Covid-19, 1 juta orang lebih menggunakan jasa KRL setiap hari. Pada tahun 2021, KCI mempunyai 1.196 unit KRL yang beroperasi melayani 80 stasiun di wilayah Jabodetabek dengan jangkauan rute mencapai 418,5 km.



Dikutip dari laman www.krl.co.id, Sabtu (28/5/2022), PT KAI Commuter (dulu bernama KCI) memulai modernisasi angkutan KRL pada tahun 2011. KCI menyederhanakan rute yang ada menjadi lima rute utama, penghapusan KRL ekspres, penerapan kereta khusus wanita, dan mengubah nama KRL ekonomi-AC menjadi kereta Commuter Line.

Proyek ini dilanjutkan dengan renovasi, penataan ulang, dan sterilisasi sarana dan prasarana termasuk jalur kereta dan stasiun kereta yang dilakukan bersama PT KAI (persero) dan Pemerintah. Secara umum, pelayanan KRL Commuter Line jauh lebih baik dan nyaman. Baik kondisi gerbong, maupun stasiun-stasiun kereta api.

Perbedaan Kondisi KRL Dulu dan Sekarang


KRL dulu selain disesaki penumpang, juga ramai keberadaan pedagang yang menjual ragam barang, pengamen, hingga pengemis. Namun kini KRL bebas dari pedagang, pengamen, dan pengemis. Bahkan pengguna juga bisa baik ke atas gerbong. Gerbong KRL saat ini sudah dijaga oleh petugas keamanan khusus dan petugas kebersihan yang mobile membersihkan gerbong.

Sebelum era Commuter Line, KRL Jabodetabek melayani 3 tiga jenis kelas, yakni kelas ekonomi, ekonomi AC, dan Ekspress Pakuan. Namun, sejak 2 Juli 2011, KRL Commuter Jabodetabek menerapkan kebijakan baru, yaitu menggabungkan antara kelas ekspress AC yang semula hanya berhenti pada stasiun-stasiun tertentu dan beroperasi pada jam-jam tertentu dengan kelas ekonomi AC.

Perbedaan Kondisi KRL Dulu dan Sekarang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)