Mulai Besok PT KAI Tambah Perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek di Jam Sibuk

Rabu, 31 Mei 2023 - 21:40 WIB
loading...
Mulai Besok PT KAI Tambah Perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek di Jam Sibuk
PT KAI Commuter Indonesia menyatakan dalam Gapeka terbaru ini akan menambah rangkaian kereta di Stasiun Manggarai. Foto/MPI/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai diberlakukan pada Kamis, 1 Juni 2023 besok. PT KAI Commuter Indonesia menyatakan dalam Gapeka terbaru ini akan menambah rangkaian kereta KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai pada jam sibuk kerja pagi dan sore.

Penumpang KRL yang akan melanjutkan perjalanannya ke Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Duri pada jam sibuk pagi dari Stasiun Manggarai rangakain kereta ditambah menjadi 33 perjalanan. Sedangkan pada jam sibuk sore lintas Stasiun Kampung Bandan menuju Manggarai akan ditambah 40 perjalanan.

"Untuk mengantisipasi pengguna yang transit di Stasiun Manggarai kearah Sudirman/Tanah Abang/Duri pada jam sibuk pagi, KAI Commuter menambah 13 perjalanan pada lintas Manggarai–Kampung Bandan menjadi 33 perjalanan. Sedangkan untuk pelayanan pengguna yang transit di Stasiun Manggarai dari arah Duri/Tanah Abang/Sudirman pada jam sibuk sore, KAI Commuter menambah 17 perjalanan menjadi 40 perjalanan pada lintas Kampung Bandan–Manggarai," tulis keterangan dilansir dari website comuterline.id, Rabu (31/5/2023).

Selain itu, PT KAI juga melakukan penambahan kecepatan perjalanan, memperkecil headway dan penambahan perjalanan Commuter Line pada beberapa koridor lintas ramai pengguna. Hal itu dilakukan sebagai upaya peningkatan layanan kepada pengguna transportasi Commuter Line Jabodetabek.

Sementara itu, untuk perjalanan pada lintas Depok–Manggarai atau Jakarta Kota pada jam sibuk pagi mulai pukul 04.00–08.00 WIB akan ditambah 2 perjalanan menjadi sebanyak 50 perjalanan dengan headway selama 5 menit.

Sedangkan untuk perjalanan pada lintas Jakarta Kota–Nambo atau Bogor pada jam sibuk sore mulai pukul 15.00–20.00 WIB akan ditambah 1 perjalanan menjadi 52 perjalanan dengan headway rata-rata selama 5 menit.

Sedangkan, penambahan frekuensi perjalan salah satunya dilakukan pada lintas Commuter Line Bogor pada jam sibuk pagi maupun sore hari. Mulai 1 Juni 2023 nanti KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 420 perjalanan Commuter Line Bogor dengan 41 rangkaian yang akan melayani pengguna di lintas tersebut.

Pada pemberlakuan Gapeka 2023 nanti juga akan mengakomodir progress pengembangan Stasiun Manggrai oleh DJKA Kemenhub bersama KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta.

Secara bertahap juga akan diselesaikan pembangunan jalur 3 dan 4 Stasiun Manggarai untuk pelayanan naik dan turun pengguna Commuter Line.


Tercatat, sepanjang bulan Mei 2023 volume pengguna ransit di Stasiun Manggarai sebanyak 160-170.000 orang per hari. Saat ini untuk memecah kepadatan flow pengguna yang transit di Stasiun Manggarai, KAI Commuter telah mengoperasikan fasilitas pelayanan tambahan berupa tangga manual di peron 6-7 dan peron 8-9 Stasiun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)