Pengamat: Lebih Rasional PDIP Gabung ke Koalisi Kekeluargaan

Kamis, 11 Agustus 2016 - 20:08 WIB
Pengamat: Lebih Rasional PDIP Gabung ke Koalisi Kekeluargaan
Pengamat: Lebih Rasional PDIP Gabung ke Koalisi Kekeluargaan
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai hingga kini PDIP masih membaca situasi sebelum bergabung dengan koalisi kekeluargaan atau malah mendukung Ahok. Namun partai berlambang kepala banteng itu akan lebih rasional jika bergabung dengan koalisi kekeluargaan.

"Jika PDI-P bergabung ke koalisi kekeluargaan maka yang terjadi Pilgub akan head to head, tujuh berbanding tiga partai," ujar Pangi kepada Sindonews, Kamis (11/8/2016).

Pangi mengatakan jika tidak ada titik temu maka bisa juga PDIP akan membentuk poros baru. Karena keunggulan PDIP di DKI Jakarta memiliki cukup kursi untuk mengajukan sendiri pasangan cagub-cawagub.

"Koalisi kekeluargaan tidak ada titik temu bisa bikin poros baru karena bisa dicalonkan sendiri. Namun kalau PDIP Gubernur dan Wagub dari Gerindra maka akan terjadi koalisi besar," tukasnya.

Sehingga jika terjadi koalisi besar dan terjadi head to head maka ini bisa menaklukkan Ahok. Menurut Pangi, ada dua yang bisa menaklukkan Ahok.

"Yang bisa taklukan Ahok itu koalisi besar dan kedua Ahok dihadapkan pada dua kutub, bila tidak ada yang suka Ahok maka yang tidak suka ini akan beralih ke pasangan bukan Ahok," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4537 seconds (0.1#10.140)