LIGA Jakarta Bakal Lakukan Penjaringan Cagub DKI 2024

Rabu, 05 Januari 2022 - 00:51 WIB
loading...
LIGA Jakarta Bakal Lakukan Penjaringan Cagub DKI 2024
Koordinator Lintas Generasi Aktivis (LIGA) Jakarta, M Syaiful Jihad. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI pada 2024 mendatang diperkirakan akan berlangsung ketat. Estafet kepemimpinan di Ibu Kota mensyaratkan sosok yang memiliki pemaknaan akan kota dan masyarakat Ibu Kota agar dapat meneruskan keberhasilan Anies Baswedan.

Karena itu, perlu menjaring nama-nama Calon Gubernur (Cagub) 2024. Koordinator Lintas Generasi Aktivis (LIGA) Jakarta, M Syaiful Jihad menilai, ide dan gagasan memunculkan nama calon orang nomor satu di ibu kota sudah harus dilakukan sekarang.

”Kami akan menjaring aspirasi masyarakat Jakarta siapa yang layak menggantikan Anies pada Pilgub DKI 2024,” kata Syaiful di Jakarta, Selasa (4/1/2021).

Dia menjelaskan, warga Jakarta merupakan pemilih rasional sehingga tidak bisa ujuk-ujuk menyodorkan nama cagub. Karena itu, pihaknya akan melakukan penjaringan nama-nama cagub.

Misalnya, yang disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik. Ada mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, dan tokoh Betawi Bahrullah Akbar.

”Nama-nama ini sangat potensial. Tapi, kami tetap akan melakukan penjaringan kepada tokoh-tokoh yang memiliki kompetensi jadi gubernur. Waktu 2 tahun waktu yang singkat. Kami, akan lakukan ini untuk memudahkan warga Jakarta memilih cagub,” ungkapnya.

Nama-nama yang muncul di publik, kata Syaiful, bisa dijadikan pertimbangan bagi partai politik tingkat DKI untuk mengusungnya, termasuk disampaikan kepada rakyat yang akan mengusung cagub melalui jalur independen. ”Saat ini kami sedang menyusun mekanisme proses penjaringan. Nama-nama cagub akan kami sampaikan ke 264 kelurahan di Jakarta,” ucapnya.

Sebelumnya, penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta M Taufik mengemukakan pandangannya terkait sosok calon pengganti Anies Baswedan untuk memimpin Ibukota. Taufik menyebut tiga sosok merupakan calon potensial untuk maju bertarung pada Pilkada DKI Jakarta.

”Pertama, saya mau urut dari abjad pandangan dan usulan saya. Saya pernah melihat berkas Walikota Tangerang Selatan. Airin Rachmy Diani ini kalau didorong di DKI Jakarta bisa menarik,” kata Taufik, Jumat (31/12/2021).

Taufik juga menyinggung nama Wagub DKI Ahmad Riza Patria dan Menteri Investasi Indonesia, Bahlil Lahadalia. Taufik menilai calon pemimpin muda bisa menjadi alternatif terbaik sebagai calon Gubernur DKI Jakarta selanjutnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)