Tak Ada Calon Independen, Pilgub DKI Mengalami Kemunduran

Selasa, 09 Agustus 2016 - 20:32 WIB
Tak Ada Calon Independen, Pilgub DKI Mengalami Kemunduran
Tak Ada Calon Independen, Pilgub DKI Mengalami Kemunduran
A A A
JAKARTA - Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPRR) menilai Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang mengalami kemunduran. Pasalnya, tak ada satu pun calon dari jalur independen yang bertarung di Pilgub DKI.

"Ini adalah kemunduran, absennya pasangan calon dari jalur perseorangan di Pilkada Jakarta. Pengalaman Pilgub DKI 2012 lalu, terdapat dua pasangan calon independen yang lolos. Keputusan untuk menentukan pasangan calon dan menggalang dukungan sejak awal menjadi faktor keberhasilan mereka mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah," ungkap Koordinator Nasional JPRR Masykuruddin Hafidz melalui pesan singkat, Selasa (9/8/2016).

Masykuruddin mengatakan seharusnya bakal pasangan calon perseorangan ini bisa membuat Pilgub DKI semakin berwarna. Adu konsep dan gagasan pembangunan Jakarta semakin nyata dan dinikmati oleh pemilih saat debat publik maupun saat kampanye berlangsung.

"Proses adu gagasan tersebut telah mencerdaskan pemilih dan menjadikan warga Jakarta semakin dewasa," tambahnya. Adapun, Masykuruddin menilai dengan ketiadaan calon perseorangan disebabkan para aktor politik saling tunggu siapa berpasangan dengan siapa dan partai mana berkoalisi dengan partai apa.

"Pertimbangan peta koalisi ini pada akhirnya menjadikan aktor politik tidak ada waktu lebih panjang untuk menggalang dukungan," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6425 seconds (0.1#10.140)
pixels