5 Senjata Polisi Indonesia Buatan PT Pindad, Nomor 4 Jarak Tembak hingga 200 Meter

Selasa, 20 Desember 2022 - 09:58 WIB
loading...
5 Senjata Polisi Indonesia Buatan PT Pindad, Nomor 4 Jarak Tembak hingga 200 Meter
Terdapat sejumlah senjata polisi buatan PT Pindad yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah senjata polisi buatan PT Pindad yang bisa diketahui. Salah satu kelebihannya memiliki akurasi tinggi serta ketahanan yang baik sesuai dengan kebutuhan pertahanan maupun keamanan.

Senjata yang diproduksi PT Pindad tersebut kerap kali dipakai polisi dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dari ancaman yang datang dari dalam maupun luar masyarakat.

Baca juga : 3 Senjata Sniper TNI Buatan PT Pindad Paling Mematikan, Terakhir Bisa Menembak dari Jarak 2 Km

Berikut senjata polisi buatan PT Pindad seperti dikutip dari laman resminya :

1. SS2-V4

Senjata yang paling sering digunakan polisi dalam menjaga keamanan masyarakat adalah SS2-V4. Sejak pertama kali diperkenalkan, senjata ini telah memukau hingga melahirkan banyak varian, salah satunya adalah SS2-V4.

SS2-V4 Inilah senjata yang sudah memenangkan kompetisi menembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) dan ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) sebanyak 11 kali. Dilengkapi flash suppressor seperti M16A2, SS2-V4 mampu memberi presisi tembakan yang baik dengan bantuan attachment ACOG scope di atasnya.

2. Pistol G2

Pistol G2 merupakan jenis pistol yang berkaliber 9 x 19 mm parabellum dengan magazine yang mampu untuk menampung 15 butir peluru. Pistol ini memiliki keunggulan berupa pisir belakang yang bersifat adjustable.

Dengan panjang laras 5 inchi, akurasi yang dihasilkan tidak dapat diragukan. G2 Elite 9mm memiliki jangkauan efektif 25 meter dan sudah digunakan banyak digunakan di negara - negara Timur Tengah.

3. SS2-V2

Versi SS2-V2 memiliki laras yang lebih pendek yakni (403 mm). Versi ini memiliki berat kosong SS2-V2 adalah 3,82 kg dan berat yang dimuat adalah 4,18 kg.

Dalam senapan SS2-V2 ini lebih mudah untuk bermanuver dan dapat diandalkan dalam pertempuran jarak menengah maupun dekat.

Baca juga : Pindad Teken Kontrak Pengadaan Senjata untuk Bakamla

4. SB2 V5-A1

Senjata ini adalah produk senapan dari PT. Pindad yang dirancang khusus untuk korps Polisi Sabhara. Senapan ini menggunakan kaliper 222 atau biasa disebutkan dengan kaliber 5,56 mm x 44.

Senapan ini hanya memiliki tembakan tunggal atau biasa disebut dengan semi otomatis dengan jarak tembak efektif sekitar 200 meter dan memiliki kapasitas peluru mencapai 20 butir peluru.

5. G2 premium

G2 Premium adalah versi teratas dari keluarga pistol G2 dibandingkan dengan G2 Elite. G2 Premium adalah pistol semi-otomatis dengan kapasitas magasin 15 putaran. G2 Premium didasarkan pada desain dan bingkai versi G2 lainnya.

Fitur dan karakter G2 Premium telah dikembangkan seluruhnya berdasarkan umpan balik dari pengguna yang telah menggunakan edisi G2 Combat dan Elite. Dengan amunisi kaliber 9mm, tembakan efektif dari senjata polisi ini mencapai jarak tembak hingga 25 meter.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)