3.412 Personel Gabungan Amankan May Day 2024, Anggota Dilarang Bawa Senpi

Rabu, 01 Mei 2024 - 08:41 WIB
loading...
3.412 Personel Gabungan Amankan May Day 2024, Anggota Dilarang Bawa Senpi
Sebanyak 3.412 personel gabungan diterjunkan mengamankan peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Monas dan GBK, Jakarta, Rabu (1/5/2024). Foto/Irfan Maruf/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 3.412 personel gabungan diterjunkan mengamankan peringatan Hari Buruh Internasional ( May Day ) di Monas dan GBK, Jakarta, Rabu (1/5/2024). Semua anggota yang bertugas dilarang membawa senjata api (senpi).

"Hari ini kami siap mengamankan buruh dan elemen masyarakat yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 3.412 personel gabungan TNI, Polri yang dibantu Pol PP, Damkar serta Dishub," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Rabu (1/5/2024).

Nantinya 3.412 personel gabungan tersebut akan di bagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas dan GBK. Susatyo mengatakan, semua anggota yang bertugas melakukan pengamanan dilarang membawa senpi.



Susatyo juga menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan aksi May Day, untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis.

"Tidak ada anggota yang membawa senjata api maupun sangkur. Semua perintah dan kendali dari saya, tidak ada gerakan tambahan lainnya yang bersifat pribadi. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan baik dan humanis," tegas Susatyo.

Susatyo juga memperingatkan, agar masyarakat yang akan menyampaikan pendapat di muka umum harus mengikuti aturan sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara. Masyarakat harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya.

"Sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap dipatuhi supaya semua kegiatan berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)