Atasi Banjir Tangerang Butuh Kolaborasi Pemerintah dan Pengembang

Kamis, 15 Desember 2022 - 02:50 WIB
loading...
A A A
Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi Kota Tangsel, Robbi Cahyadi mengapresiasi sikap Sinar Mas Land. ”Kami mengapresiasinya, secara tanggap dan proaktif mendukung pemerintah menghadirkan lingkungan hidup nyaman bebas banjir,” katanya.

Selain pembangunan drainase yang prima, kata dia, Sinar Mas Land melalui BSD City juga telah menyerahkan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos dan fasum) kepada Pemkot Tangsel dari Tahun 2012 lalu.

”Fasos fasum itu telah kami manfaatkan untuk membangun Tandon Ciater, Tandon Lengkong Wetan, Tandon Lengkong Karya, dan Tandon Jaletreng (di Taman Kota II) sebagai upaya dalam pengendalian banjir di wilayah Kota Tangerang Selatan,” jelasnya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah mengatakan, kolaborasi itu sangat membantu pihaknya dalam menangani banjir musiman di wilayah Tangerang saat ini.

”Kami upayakan tindakan korektif setiap kejadian genangan air. Terima kasih Sinar Mas Land atas penyediaan lahan penampungan sedimen dari drainase, sehingga main drain yang dikelola pemerintah maupun BSD City dapat bekerja optimal,” ungkapnya.

Pemkot Tangsel dan Pemkab Tangerang sedang menangani genangan air dan banjir di wilayahnya.Pada jangka menengah, kedua pemerintah daerah tersebut melakukan revitalisasi saluran pembuangan dari hulu ke hilir dan normalisasi waduk serta aliran sungai.

Hal tersebut diupayakan untuk meningkatkan daya tampung saluran yang menuju badan air atau drainase primer. Sedang pada jangka panjang, perusahaan juga membantu pemerintah daerah dalam penyempurnaan konektivitas.

Kemudian daya tampung sistem jaringan drainase untuk memastikan air larian (run off) terdistribusi dengan baik dan meminimalisir semaksimal mungkin air larian yang masuk ke badan air atau drainase utama.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)