Pj Gubernur DKI Bakal Keluarkan Peta Bidang Tanah Normalisasi Ciliwung

Sabtu, 12 November 2022 - 15:24 WIB
loading...
Pj Gubernur DKI Bakal Keluarkan Peta Bidang Tanah Normalisasi Ciliwung
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto terkait percepatan normalisasi Sungai Ciliwung. Foto: MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto terkait percepatan normalisasi Sungai Ciliwung . Heru juga akan segera mengeluarkan Peta Bidang terkait normalisasi tersebut.

"Kemarin saya sudah jelaskan, nanti melalui Pak Menteri ATR (Hadi Tjahjanto), saya kemarin sudah bertemu beliau, nanti akan dipercepat oleh Kanwil, dan peta bidangnya mungkin secara keseluruhan akan dikeluarkan," ujar Heru di Mall Pluit Village, Jakarta Utara, Sabtu (12/11/2022).

Heru menambahkan, pihaknya juga telah melakukan pendataan terhadap Kepala Keluarga (KK) yang terimbas normalisasi. Sehingga, Heru tinggal meninjau spot-spot tersebut.

"Kan kemarin-kemarin juga udah (mulai didata) kan, saya tinggal ninjau spot-spot yang belum (terdata)," katanya.

Diketahui, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan 4,8 kilometer normalisasi Kali Ciliwung. Normalisasi difokuskan di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.



Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal menyebut, pembebasan lahan sudah dilakukan sejak 2021 atau era kepemimpinan Anies Baswedan.

Yusmada merinci wilayah kelurahan di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan yang terdampak pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung.

Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan sepanjang kurang lebih 1 kilometer dengan luas lahan kurang lebih 1,5 hektare. Kemudian Kelurahan Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur sepanjang kurang lebih 0,5 kilometer dengan luas lahan kurang lebih 0,8 hektare.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)