KAI Commuter Siapkan Shelter Cegah Pencurian Sepeda

Sabtu, 17 September 2022 - 21:50 WIB
loading...
KAI Commuter Siapkan Shelter Cegah Pencurian Sepeda
Seseorang tengah memarkir sepeda di tempat yang sudah disediakan. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT KAI Commuter Indonesia ( KCI ) bakal melakukan relokasi 10 titik parkir sepeda di stasiun kereta yang ada di Jabodetabek. Tidak hanya itu, KCI juga akan membuat shelter untuk cegahpencurian sepeda di area parkir stasiun.

"Mudah-mudahan yang 10 relokasi itu dalam satu minggu ini beres. Karena kita ingin mencarikan tempat paling aman dan paling mudah terjangkau oleh pantauan kita," ujar Vice President Messenger Facility & Customer Care PT KAI Commuter Indonesia (KCI) Teguh Triyono, Sabtu (17/9/2022). Baca juga: Hilang 12 Tahun, Polisi Kembalikan Sepeda Motor Milik Tuyahman

Menurutnya, terkait relokasi parkir sepeda di tempat strategis di 10 titik stasiun itu dilakukan agar petugas KCI bisa memantau area parkir sepeda. Relokasi 10 titik parkir sepeda itu juga dilakukan agar pesepeda tak lagi kehilangan sepedanya saat diparkirkan di area stasiun.

"10 titik yang kita relokasi itu tempatnya kurang sesuai, kurang aman dan kurang terpantau, yakni di Stasiun Manggarai, Lenteng Agung, Pondok Ranji, Tanah Abang, Palmerah, Sudirman, Jurang Mangu, Bekasi, Tangerang, dan Serang. Sabtu juga di Bogor parkirannya direlokasi didekatkan dengan posisi petugas yang ada disitu tuk mudahkan pematauan pengguna sepeda," tuturnya.

Nantinya, kata dia, KCI juga bakal menyediakan kunci tambahan guna mengunci sepeda yang diparkirkan di area stasiun berupa kartu berwarna. Kunci tambahan itu ditinggalkan ke petugas KCI, sedangkan pesepeda membawa kartu berwarna dan bila hendak mengambil sepedanya lagi tinggal menukarnya ke petugas.

"Itu wujud dari kami supaya aware, iniloh ada sepeda harus dikunci, setiap hari warna kartunya berbeda, hari ini mungkin hijau, besok merah, ini tuk antisipasi hal tak diinginkan. Kami keluarkan juga SOP nya tuk petugas di lapangan jadi mohon juga kerja samanya (bagi pesepeda)," imbuhnya.



Dia menerangkan, KCI juga tengah melakukan evaluasi lokasi parkir sepeda lantaran area pakir sepeda di stasiun itu hampir 70 persennya berada jauh dari pemantauan petugas. Ke depan, KCI juga bakal membangun shelter parkiran sepeda guna mewujudkan stasiun ramah lingkungan dan ramah sepeda.

"Nanti ada satu buah stasiun percontohan yang akan buat shelter terbaik, Insyallah free, juga ada kabin showernya, nanti tempat penitipan sepedanya ada, poker sepedanya, lengkap kunci-kuncinya," paparnya.

Dia menjabarkan, Shelter Parkiran Sepeda di stasiun itu nantinya juga bakal dilengkapi teknologi, misal dengan finger print di loker sepedanya guna memastikan keamanannya. Nantinya, sepeda lipat pun bisa dimasukan ke dalam loker dengan ukuran yang bervariasi tersebut.

"Arahnya seperti itu semoga tim IT KCI bisa mengakomodus semua. Sekarang kita tak ngomong lagi itu tanggung jawab kamu, tidak, itu tanggung jawab KAI Grup, kita sudah bisa menyajikan toilet gratis itu bersih, nah kami mohon suportnya semoga ini bisa seperti toilet gratis layanannya," terangnya. Baca juga: Parkir Sembarangan di Gunung Sahari, Puluhan Pentil Sepeda Motor Dicabut

Teguh menambahkan, KCI saat ini sudah mengadakan kembali area parkir di 70 stasiun dan nantinya area parkir sepeda itu bakal diuji cobakan bisa menampung 8-12 sepeda. Sedangkan saat ini yang hanya bisa menampung lima sepeda. Bahkan, saat animo masyarakat semakin besar, kapasitas parkiran sepeda pun bisa saja ditambah jumlahnya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1428 seconds (10.177#12.26)