Sempat Diretas, PT KAI Jamin Keamanan Data Pelanggan Commuter Line

Rabu, 03 Juli 2024 - 13:02 WIB
loading...
Sempat Diretas, PT KAI Jamin Keamanan Data Pelanggan Commuter Line
PT KAI Commuter mengaku bahwa sistem data basenya sempat diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pada Rabu (3/7/2024). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter mengaku sistem data basenya sempat diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, PT KAI memastikan bahwa data-data para pelanggan commuter line tetap aman.

"KAI Commuter memastikan keamanan data base pengguna Commuter Line yang sempat diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab," kata Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba melalui keterangan resminya, Rabu (3/7/2024).

Kendati demikian, kata Anne, KAI Commuter terus berkoordinasi dan melakukan investigasi bersama pihak-pihak tertentu guna menelusuri dan menangani peretasan sistem tersebut.



Anne menjelaskan, PT KAI Commuter juga sudah mengambil beberapa langkah pasca adanya peretasan sistem itnya. Salah satunya, dengan pembatasan akses baik jaringan publik maupun jaringan lokal.

"Saat ini seluruh sistem operasional IT yang ada di lingkungan KAI Commuter juga masih berjalan dengan baik dan seluruh data base pelanggan aman," imbuh Anne.

Atas dasar itu, Anne meminta, masyarakat tidak perlu khawatir dalam menggunakan seluruh aplikasi layanan yang dihadirkan oleh KAI Commuter. Sebab, kata dia, KAI Commuter memiliki manajemen keamanan informasi yang baik.

"Saat ini KAI Commuter juga telah mengimplementasikan ISO 27001:2013 sebagai standarisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi di KAI Commuter. Standarisasi keamanan ini juga secara berkala dilakukan audit oleh auditor independent untuk memastikan keamanan dalam penerapannya," ucap Anne.

Ia memastikan PT KAI Commuter berkomitmen untuk terus meningkatkan kemanan siber dalam penerapan teknologi informasi yang memudahkan masyarakat dalam menggunakan commuter line dan akan mengusut tuntas atas kejahatan ini.

"Untuk langkah lebih lanjut KAI Commuter akan bekerja sama dengan pihak berwajib mengusut kasus tersebut," tandas Anne.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)
pixels