Atasi Kemacetan, Pemkot Tangsel Diminta Terapkan Teknologi Smart City

Sabtu, 17 September 2022 - 03:57 WIB
loading...
Atasi Kemacetan, Pemkot Tangsel Diminta Terapkan Teknologi Smart City
Kemacetan di sejumlah ruas jalan wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuat geram masyarakat pengguna jalan. Foto: Instagram Tangsel.info
A A A
TANGERANG SELATAN - Kemacetan di sejumlah ruas jalan wilayah Kota Tangerang Selatan ( Tangsel ) membuat geram masyarakat pengguna jalan. Kejadian itu sempat diunggah dan viral di media sosial.

Pemerintah Kota Tangsel menyebut bahwa kemacetan yang terjadi disebabkan padatnya penggunaan kendaraan pribadi pada waktu yang sama. Mengatasi itu, kini tengah dikaji perubahan jam masuk sekolah dan kampus agar tak berbarengan dengan jam berangkat kerja.

Namun upaya itu dianggap bukan solusi karena tak akan mampu meredam tingginya kemacetan. Apalagi Tangsel merupakan kota urban, aktivitas masyarakatnya selalu melalui jalan-jalan umum perkotaan.





"Merubah jam masuk sekolah dan kuliah tidak akan memecahkan persoalan. Terus orang yang kuliah sambil kerja bagaimana penyesuaiannya? Mau masuk jam 10.00 WIB juga tetap akan macet," kata Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Adib Miftahul, Jumat (16/9/2022).

Menurut Adib, Pemkot Tangsel harusnya mulai bertahap mengimplementasikan Tagline Smart City, termasuk dalam mengatasi kepadatan lalu lintas. Kemacetan, jelas dia, bukan hanya tanggung jawab kepolisian tapi juga ada peran pemerintah mengurainya.

"Kita selalu salah bahwa kemacetan itu tugasnya polisi, salah. Itu kan hilir, hulunya kita tarik juga. Kalau kita punya tagline kota cerdas atau smart city, harusnya kita punya manajemen traffic. Manajemen traffic itu kontrol roomnya bisa di Dishub atau Kominfo," jelasnya.

Penggunaan Manajemen Traffic sudah lazim diterapkan pada kota-kota maju. Kata Adib, upaya itu memudahkan pemerintah daerah dalam memonitor seluruh akses jalan yang dilalui masyarakat, sekaligus berkoordinasi dengan jajaran terkait.

"Misalnya ketika ada macet di depan Unpam, berarti jalan-jalan yang menuju ke sana dengan otomatis petugas sudah tahu belokin ke mana. Karena belum tentu macet di Pamulang sini lalu di tempat lain juga macet, kan enggak," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)